Kitabisa! - YOUTHAGRICARETURE “Membangun Indonesia dari Desa”

YOUTHAGRICARETURE “Membangun Indonesia dari Desa”

YOUTHAGRICARETURE “Membangun Indonesia dari Desa”
Youthagricareture merupakan project sosial yg diinisasi IAAS Indonesia untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan di sektor pendidikan dan pertanian

Rp 7.426.730

terkumpul dari Rp 30.000.000
25% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 23 May 2016 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

Pertanian dan lingkungan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dalam menciptakan pertanian diperlukan kondisi lingkungan yang baik agar pertanian yang diinginkan dapat dicapai.

Pertanian pada dasarnya memiliki peranan penting sebagai penyedia pangan bagi manusia. Kebutuhan akan pangan yang terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk menjadikan pertanian perlu menjadi fokus utama. Saat ini kondisi pertanian dapat dikatakan cukup memprihatinkan mengingat kurangnya rasa kepedulian dalam mengembangkan pertanian. Di Indonesia khususnya pertanian umumnya hanya dilakukan oleh kalangan orang tua sehingga pertanian sulit untuk dikembangkan.

Youthagricareture merupakan sosial project yang diinisiasi oleh IAAS Indonesia sebagai wujud kepedulian anak-anak muda untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan dalam hal pertanian, pendidikan, dan sektor lingkungan. Youthagricareture dengan moto Membangun Indonesia dari Desa menjadikan pikiran positive kami untuk ikut turut kontribusi membangun indonesia.

Sosial Project ini diinisiasi sebagai kegiatan rutinitas kami dalam melakukan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan di 8 daerah yang berbeda yaitu, Mataram, Malang, Yogyakarta, Semarang, Solo, Banjarbaru, Jatinangor, dan Bogor. Sosial Project ini bermaksud untuk meningkatkan taraf hidup masyarkat desa melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang kami berikan. Kami pun terus berusaha dengan baik untuk terus mewujudkan keingan masyarakat desa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dan kami cukup terkejut sertagembira sekali, ketika kami melihat semangat dari masyarakat untuk terus berkomitmen teguh dalam kemajuan desa yang mereka tempati untuk mewujudkan desa yang mandiri kedepannya.

Apa Itu IAAS ?

IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Sciences) merupakan Asosiasi Mahasiswa terbesar di dunia di bidang pertanian dan ilmu terkait. IAAS didirikan pada tahun 1957. Sejak 58 tahun terakhir ini, IAAS telah berkembang menjadi organisasi besar dengan 30 anggota negara dan lebih dari 10.000 anggota aktif. IAAS Indonesia didirikan pada 29 desember 1992. Pada tahun 2015 ini, IAAS Indonesia beranggotakan lebih dari 800 anggota aktif yang tersebar menjadi 8 Lokal Komiter di seluruh negeri, seperti IAAS LC UNPAD, IAAS LC UNLAM, IAAS LC IPB, IAAS LC UNS, IAAS LC UGM, IAAS LC UNDIP, IAAS LC UB, dan IAAS LC UNRAM.

Konsep Kegiatan,

Youthagricareture “Membangun Indonesia dari Desa”, kami melakukan pengembangan masyarakat pedesaan dii 8 daerah yang berbeda dengan mengembangkan potensi yang dimilikinya, dan terbagi menjadi 3 konsep program yaitu Education, Environment and Agriculture, and Empowerment.

Youthagricareture dalam program edukasi ini merupakan bentuk nyata kepedulian IAAS dalam memperkenalkan pertanian dan lingkungan bagi generasi muda khususnya siswa-siswi sekolah dasar (SD). Melalui program ini, diharapkan anak-anak tersebut dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap pertanian dan lingkungan. Program ini dilaksanakan dalam bentuk : Eduagriranger di Desa Cikarawang Bogor, Agroschooling di Desa Jatinangor, Bimbingan Belajar Gemawang di Desa Gemawang Semarang, Taji Berpijar di Desa Taji Malang, Bengkaung Education Better di Desa Bengkaung Mataram, IAAS Study Farm di Desa Kulwaru Yogyarkata, Share tea (sharing and teaching) di Desa Kemuning Solo, dan Education of Farming di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.


Dalam program lingkungan dan pertanian, Kami bertujuan untuk dapat mengembangkan potensi lokal yang dimiliki dan perlahan menjadikan desa mandiri di setiap daerahnya.

  • Cikarawang project, merupakan pengembangan desa yang kami lakukan di desa cikarawang bogor, kami melakukan berbagai kegiatan dalam cikarawang project ini, seperti penyuluhan dan pelatihan kepada para petani terkait strategi yang baik dari hulu hingga hilir, memperbaiki kebun di setiap rumah warga dengan menggunakan konsep vertical garden, dan melakukan pengembangan potensi yang dimiliki desa cikarwang yaitu ubi, jambu kristal dan kacang-kacangan. Hal terpeting ialah potensi agrowisata yang dimilikinya dapat dijadikan keunggulan sebagai tempat wisata keluarga yang terintegrasi dalam pertanian.
  • Gingerangers, merupakan pengembangan desa yang kami lakukan di desa gemawang semarang, Kegiatan yang dilakukan yakni pembuatan pupuk bokasi, pelatihan tentang Budidaya Tanaman Jahe dengan Media Polybag, dan membuat inovasi produk dari jahe yaitu coklat jahe yang sudah siap produksi dan memiliki nilai tambah untuk meningkatkan pendapatan dari petani
  • Desa Kemuning Project, merupakan pengembangan desa yang kami lakukan di desa kemuning solo, kami melakukan kegiatan-kegiatan seperti pemberdayaan masyarakat melalui program desa berilmu, mendirikan perpustakaan desa, dan mengembangkan potensi desa yang dimilki seperti jambu merah dalam program Red Guava Manufacture
  • Desa Taji Project, merupakan pengembangan desa yang kami lakukan di desa taji malang, kami melakukan kegiatan-kegiatan seperti perbaikan lingkungan dengan melakukan penghijaun, membuat bak sampah, dan mengembangkan potensi yang dimiliki desa taji seperti apel, wortel, dan ubi serta potensi lainnya. Rencana dalam Desa Taji Project ini, akan mengembangkan apel untuk dijadikan inovasi produk seperti selai apel yang akan siap produksi.
  • Village Empowering Project , merupakan pengembangan desa yang kami lakukan di desa Kulwaru Yogyakarta, kami melakukan kegiatan-kegiatan seperti edukasi berupa penanaman pekarangan dengan tanaman sayuran kepada ibu-ibu, pengembangan akuaponik pada kolam ikan, edukasi kepada anak-anak sekolah serta penanaman pohon.
  • Bengkaung Project, merupakan pengembangan desa yang kami lakukan di desa Bengkaung Mataram, kami melakukan kegiatan-kegiatan seperti, pengembangan potensi pariwisata di Desa Bengkaung, penyuluhan dan pelatihan kepada para petani, dan mengembangkan produk hasil pertanian di Desa Bengkaung Mataram.
  • Rural Farming Project di Komplek Al-Ikhwan, Kelurahan Guntung Paikat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. , pada program ini kami melakukan kegiatan-kegiatan seperti edukasi berupa penanaman dengan menggunakan sistem hydroponic, melakukan pengembangan masyarakat, dan memperbaiki perkarangan rumah masyarakat Komplek Al-Ikhwan, Kelurahan Guntung Paikat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
  • Genteng Bagja merupakan pengembangan desa yang akan kami lakukan di Dusun Pasir Kaliki, Desa Genteng, Sumedang. kami melakukan kegiatan-kegiatan seperti pengembangan masyarakat dan memaksimalkan pengembangan potensi yang dimiliki di Desa Genteng.

Tujuan Kegiatan

meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan dalam bidang pertanian, pendidikan, dan lingkungan

Target Kegitan

Program ini dapat menjadi inspirasi pemuda dan dapat terus berkontribusi dalam membangun desa untuk memajukan Indonesia. target besar kami yaitu dapat memajukan desa yang kami bina dan program edukasi yang kami lakukan.

Dan Kenapa kami melakukan Crowdfunding Youthagricareture?

Kami sangat menyadari bahwa kepedulian dan bekerja dengan hati akan menciptakan berbagai jalan untuk satu niat. Kami meyakini bahwa, masih banyak teman-teman yang peduli terhadap kemajuan indonesia melalui potensi-potensi desa yang dimilikinya, Namun yang menjadi kendala saat ini ialah rendahnya minat pemuda untuk ikut berkontribusi dalam permasalahan ini. Melalui crowdfunding youthagricareture, IAAS Indonesia membuka lebar kesempatan bagi orang-orang yang peduli dan ingin turut memajukan bangsa melalui pemberdayaan masyarakat desa. Every donation counts and really worthwhile.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 32

  • Rp. 3.200.101
    Tambah Ridwan Sinulingga

    Donasi dari IAAS LC-BRAWIJAYA terimakasih kepada GREEN MOVEMENT 2016 IAAS ORIENTATION PROGRAM (IOP) 2016 Pelajar SMA FORUM OSIS MALANG

  • Rp. 700.838
    Anonim

    Orang tidak bisa mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia. Tuhan bersemayam di gubuknya si miskin.

  • Rp. 500.951
    Anonim
  • Rp. 488.101
    Anonim
  • Rp. 400.103
    Anonim
  • Rp. 300.836
    Anonim
  • Rp. 250.704
    Anugrah Nurman Ibrahim
  • Rp. 140.101
    Anonim
  • Rp. 100.919
    Eri H. Koto
  • Rp. 100.891
    Anonim
SHOW MORE
  • Rp. 50.109
    Anonim
  • Rp. 40.000
    Anonim
  • Rp. 488.101
    Anonim
  • Rp. 100.203
    noni
  • Rp. 20.124
    Lukas Tobing

    Meski sedikit, tetapi Tuhan Yesus pasti buka jalan untuk orang yang bekerja untuk kesejahteraan sesama. Mari perjuangkan kedaulatan pangan!

  • Rp. 3.200.101
    Tambah Ridwan Sinulingga

    Donasi dari IAAS LC-BRAWIJAYA terimakasih kepada GREEN MOVEMENT 2016 IAAS ORIENTATION PROGRAM (IOP) 2016 Pelajar SMA FORUM OSIS MALANG

  • Rp. 140.101
    Anonim
  • Rp. 50.126
    Anonim

    Tidak ada yang tidak mungkin ketika kita mau membangun pertanian di Indonesia menjadi tiang kokoh pembangunan Negara Indonesia.

  • Rp. 50.127
    Shabrina Chaalishoh
  • Rp. 400.103
    Anonim
SHOW MORE
Anugrah Nurman Ibrahim 24 Jan 2017

Update 1 - Campaign Sukses

Halo Para Donatur,

Terima kasih sudah berdonasi di campaign YOUTHAGRICARETURE “Membangun Indonesia dari Desa”!

Anda mendapatkan email ini karena penggalangan dana telah ditutup. Total donasi yang terkumpul sejumlah Rp 7.426.730 dari 32 donatur.

Tunggu update berikutnya dari Anugrah Nurman Ibrahim terkait penggunaan dana.

Terima kasih!

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?