Kitabisa! - Bukumu, Duniamu: Yuk Baca Buku!

Bukumu, Duniamu: Yuk Baca Buku!

Bukumu, Duniamu: Yuk Baca Buku!
Bukumu Duniamu adalah proyek sosial membangun Taman Baca di Desa Labansari guna meningkatkan minat baca anak-anak di Desa Labansari, Cikarang.

Rp 150.378

terkumpul dari Rp 15.000.000
1% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 25 Jan 2016 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

Berdasarkan survei United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2012, data statistik menunjukkan indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, dari 1.000 penduduk, hanya satu warga yang tertarik untuk membaca. Menurut indeks pembangunan pendidikan UNESCO ini, Indonesia berada di nomor 69 dari 127 negara. Data UNDP juga menyebutkan angka melek huruf orang dewasa di Indonesia hanya 65,5 persen.

Banyak faktor yang melandasi kurangnya minat baca warga Indonesia, seperti tidak adanya kebiasaan membaca yang ditanamkan sejak usia dini. Selain itu, menurut pakar pendidikan, guru besar asal Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Prof. DR. Said Hamid Hasan MA, salah satu faktornya adalah masyarakat masih terbelenggu dengan kebutuhan pokok. Sulitnya akses masyarakat terhadap bahan bacaan juga dianggap menjadi salah satu penyebab rendahnya minat baca warga tanah air.

Bukumu, Duniamu adalah proyek sosial yang dibuat sekelompok mahasiswa President University untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Desa Labansari. Salah satu cara kami untuk meningkatkan minat baca mereka adalah dengan membangun Taman Baca yang layak, nyaman, aman, buku-buku terbebas dari banjir, sekaligus menjadi ruang belajar yang menambah wawasan dan kreatifitas anak-anak di Desa Labansari.

Secara singkat, Desa Labansari berada di Cikarang Timur, Bekasi. Desa ini memiliki 3 dusun, dan 12 kampung yang memiliki 12 RT. Pendapatan per kapita di wilayah ini terbilang rendah, sebagian besar warga bekerja sebagai buruh tani dan pengrajin. Usaha mereka selalu mengalami penurunan saat wilayah Desa Labansari terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa. Keadaan ini berpengaruh pada akses pendidikan di Desa Labansari. Anak-anak di Desa Labansari masih memiliki minat baca yang cukup rendah. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor; 1) Faktor ekonomi - keterbatasan orang tua untuk membeli buku pelajaran, tidak ada lemari/rak buku di rumah untuk menyimpan buku dari banjir, 2) Faktor sarana dan prasarana - sekolah dasar di Desa Labansari tidak memiliki perpustakaan, salah satunya SDN 01 Labansari.

Saat kami berkunjung ke salah satu sekolah dasar, yaitu SDN 01 Labansari, beberapa anak - anak sedang bermain dan kami menghampiri mereka. Ternyata, mereka tertarik untuk membaca, namun mereka menghadapi beberapa kendala seperti di atas, sehingga mereka lebih senang menghabiskan waktu untuk bermain. Disini, tekad kami untuk membangun Taman Baca semakin bulat. Kami ingin membantu anak-anak Desa Labansari untuk memiliki minat baca yang lebih baik sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan mereka secara afektif, kognitif, dan psikomotor. Dengan begitu, kami yakin hal itu dapat mempermudah akses pendidikan mereka di kemudian hari.

Demi terwujudnya Taman Baca yang layak bagi anak-anak di Desa Labansari, kami perlu menggalang dana untuk merenovasi ruangan kosong yang tidak terpakai di SDN 01 Labansari, membeli rak dan lemari buku, membeli buku-buku seperti ensiklopedia, buku pelajaran, buku cerita, poster-poster edukasi, dan perlengkapan alat tulis. Kami berharap dengan terbangunnya Taman Baca ini dapat membantu anak-anak di Desa Labansari untuk mengembangkan wawasan, kreatifitas, bakat, dan minat mereka. Dengan mendonasikan dana di proyek sosial Bukumu, Duniamu, berarti anda telah ikut serta berpartisipasi dan mendukung terbentuknya masa depan yang lebih baik untuk anak-anak dan warga Desa Labansari. Terima kasih.

Bukumu, Duniamu: Yuk Baca Buku!

5bd191609ba7f20f0975992542469fe3a166861c


30ff5203b2ee6639dd3788e79f7b42f417a11639

e1be60aa87f6bf3fedde939d977c1c2ade67f1bb

750dc91b8395db3a71de39a99287a22f32f35c03

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 1

  • Rp. 150.378
    Anonim
  • Rp. 150.378
    Anonim
Charista Aprilia 17 Feb 2016

Update 1 - Ucapan Terima Kasih

Dear Donatur,


Terima kasih banyak atas donasi yang telah diberikan kepada Bukumu, Duniamu. Berapapun nominal yang telah anda donasikan sangat membantu kami untuk bisa melaksanakan proyek sosial ini. Kami sangat berterima kasih atas partisipasi anda sebagai bagian dari kami untuk mengembangkan minat baca warga di Desa Labansari, Cikarang Timur.

Walaupun pada akhirnya, penggalangan dana melalui Kitabisa.com tidak mencapai target, kami masih bisa melaksanakan proyek sosial ini dengan seoptimal mungkin, Taman Baca Labansari telah dibangun selayaknya, dan sudah ada sekitar 700 buku yang ada di Taman Baca Labansari. Anak - anak di Desa Labansari sangat antusias untuk selalu datang ke Taman Baca untuk membaca dan mereka sangat senang dengan adanya fasilitas Taman Baca Labansari.

Terima kasih.


Salam,

Bukumu Duniamu: Yuk Baca Buku!

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?