Kitabisa! - Bantu Ilham Wujudkan Taman Baca di Coci Majene

Bantu Ilham Wujudkan Taman Baca di Coci Majene

Bantu Ilham Wujudkan Taman Baca di Coci Majene
Bantu Ilham (22) Pemuda Majene untuk membangun Taman Baca di Coci, sebagai Learning Center bagi adik-adik dan warga setempat. Yuk donasi,wujudkan impian mereka.

Rp 1.541.455

terkumpul dari Rp 40.000.000
4% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 19 Feb 2018 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

Tepatnya tangal 09 Februari 2018, saya bertemu dengan seorang pemuda yang sangat menginspirasi. Dia, Ilham Setiawan (22) pemuda asal Majene, Sulawesi Barat. Sekarang ini Ilham sedang menempuh kuliah S1nya di Universitas Terbuka (UT) Majene dengan jurusan Agribisnis. Meski menempuh kuliah non pendidikan, tapi ia memiliki semangat luar biasa untuk mencerdaskan anak bangsa. Namanya pun terbilang cukup terkenal di kalangan para Relawan di Sulawesi Barat. Karena Ilham sangat aktif mengikuti kegiatan-kegiatan sosial di derahnya. Hampir seluruh kegiatan relawan ia ikuti. Tanpa pernah mengeluh lelah dan bosan. Baginya, berbagi itu adalah hal yang sangat menyenangkan, walau sekadar senyuman dan pengetahuan yang tak seberapa, katanya.

Pertemuan kami waktu itu tak lain karena kami sama-sama mendaftar menjadi relawan di kelas Inspirasi Mamuju Tengah. Selama perjalanan kesana dan pulangnya, ia banyak menceritakan pengalaman-pengalaman yang ia dapat ketika menjadi relawan. Termasuk saat ia berkunjung ke Dusun Coci, Desa Banua Kec. Adolang, Pamboang Kab. Majene.

Coci merupakan salah satu daerah terpencil di Majene yang membutuhkan waktu 4 jam dari kota untuk tiba di lokasi itu. Akses ke Coci pun juga terbilang sulit, karena kita harus berjalan kaki selama dua jam. Kendati demikian, hal tersebut tak menyurutkan semangat Ilham dan relawan lainnya untuk menginspirasi anak-anak di sana. Semenjak kunjungan itu, Ilham hampir setiap pekannya bertandang ke Coci bersama beberapa temannya untuk mengantarkan bantuan berupa buku. Saat ini saja, Ilham dan teman-temannya tengah menggalang gerakan #1000BUKUuntuCOCI. Alhamdulillah banyak yang merespon positif gerakan ini. Namun yang menjadi kendalanya adalah tidak adanya tempat untuk menampung buku-buku tersebut. Untuk sementara buku-buku tersebut dititipkan di salah satu rumah warga dan dijadikan tempat membaca.

c740985997fbf42e782a00c5c76f640a3e228c28

Ilham bersiap membawa donasi buku ke Coci

4b5cc6bed39bb6539b0eccb0ddbc6820d3dbd528Ilham dan kakak-kakak relawan lainnya tengah menemani adk-adik di Coci membaca

Oleh karena itu, Ilham bermaksud untuk membangun taman baca di Dusun Coci agar anak-anak dan warga di sana nyaman dan betah membaca. Ia merasa terpanggil untuk melaksanakan hal baik tersebut setelah melihat antusiasme anak-anak di sana ketika dibawakan buku bacaan. Walau hanya bermodalkan senter Hp, mereka tetap semangat membaca hingga malam hari sekalipun.

Mendengar cerita Ilham, saya, Dian a.k.a. Yuuka juga merasa turut bertanggung jawab dengan masa depan adik-adik di Coci. Setidaknya dengan banyak membaca, mereka akan lebih terbuka pemikirannya, lebih bertambah pengetahuannya. Sebab itu, saya ingin membantu Ilham mewujudkan niatnya tersebut. Dengan mengajak teman-teman untuk berdonasi via kitabisa.com. Besar harapan saya agar Taman Baca untuk Coci ini bisa terwujud, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap generasi penurus bangsa yang terselip di pelosok daerah di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman bisa menghubungi saya lewat FB atas nama Yuuka Shimizudhani, WA 085242004957 atau FB Ilham Setiawan, WA 082348665112. Terima kasih, semoga kita sehat selalu dan tetap di bawah lindungan-Nya. Aamiin.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 9

  • Rp. 1.000.000
    Anonim
  • Rp. 100.597
    Nirwanasari

    Semoga berkah kakak

  • Rp. 100.000
    Anonim
  • Rp. 100.000
    Anonim
  • Rp. 90.000
    Anonim
  • Rp. 50.000
    Anonim
  • Rp. 50.000
    Anonim
  • Rp. 25.858
    Romi Harliansyah
  • Rp. 25.000
    Chandra Lihai
  • Rp. 50.000
    Anonim
  • Rp. 50.000
    Anonim
  • Rp. 1.000.000
    Anonim
  • Rp. 25.000
    Chandra Lihai
  • Rp. 100.000
    Anonim
  • Rp. 90.000
    Anonim
  • Rp. 100.000
    Anonim
  • Rp. 25.858
    Romi Harliansyah
  • Rp. 100.597
    Nirwanasari

    Semoga berkah kakak

Yuuka Shimizudhani 18 May 2019

Update 1 - Perkembangan Taman Baca Coci

Assalmualaikum wr.wb

Setahun sudah saya open campaign untuk membantu teman saya mewujudkan sebuah taman baca di pedalaman Majene, Sulawesi Barat. Meskipun campaign kami tidak terpenuhi 100% bahkan tidak mencapai 5%, alhamdulillah kami bisa membangun sebuah taman baca meski masih berstatus numpang di bawah kolong rumah kepala dusun Coci. 

Selama setahun lebih pula yang mendedikasikan waktu saya untuk mengabdi menjadi seorang relawan dengan beberapa teman lainnya di Taman Baca tersebut. Semangat Ilham dan relawan lainnya lah yang membuat saya tergugah dan merasa bertanggungjawab dengan anak-anak pelosok negeri. Selama setahun belakangan saya juga banyak belajar dari teman-teman sesama volunteer dan akhirnya betah menjadi seorang volunteer.

Oiya, setiap bulannya kami mendapatkan kiriman buku dari teman-teman pustaka bergerak. Buku itulah yang kami bawa setiap bulan ke Taman Baca Coci. Dan disaat bersamaan kami juga selalu membuat kegiatan-kegiatan pembelajaran untuk adik-adik di Taman Baca Coci. Termasuk mengajak para relawan lintas daerah dengan pelbagai macam profesi sharing bersama adik-adik di Taman Baca Coci. Nah, ramadan kali ini pun InsyaAllah akan menjadi ramadan kedua kami melaksanakan project ramadan seperti mengadakan lomba-lomba keagamaan untuk memantik semangat beribadah adik-adik taman baca di bulan suci ramadan. 

Perihal pendanaan kegiatan dan sebagainya di taman baca coci, kami pun belum memiliki donatur tetap. Tetapi kami percaya ketika ada hal-hal kebaikan yang ingin kami kerjakan, selalu ada tangan-tangan Tuhan yang datang membantu kami.  Saya mewakili relawan Taman Baca Coci mengucapkan banyak terima kasih untuk para donatur campaign ini. Lebih lanjut up date-an perkembangan adik-adik Taman Baca Coci bisa dipantau melelui akun IG @tamancoci.

Terima Kasih. Semoga teman-teman donatur sehat selalu :)

Wassalam

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?