Kitabisa! - PEDULI DESA FKM UI PEDULI 10

PEDULI DESA FKM UI PEDULI 10

PEDULI DESA FKM UI PEDULI 10
Dukung kegiatan Intervensi Kesehatan dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi di Desa Langkapjaya, Sukabumi, Jawa Barat.

Rp 1.452.184

terkumpul dari Rp 20.130.000
7% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 17 Nov 2014 oleh:

“Mencintai sesuatu sederhananya adalah dengan mengenal objeknya. Kami mencintai Indonesia dengan mengenal alam dan masyarakatnya”

Mahasiswa memiliki kewajiban untuk melakukan pengabdian masyarakat sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dengan pengabdian masyarakat, mahasiswa dapat membantu pemerintah dalam menjalankan program pembangunan serta membantu menyelesaikan masalah yang terdapat di masyarakat.

Dalam pelaksanaannya diperlukan ilmu untuk menjadi dasar berfikir serta dasar untuk bertindak. Namun kondisi masyarakat yang sangat dinamis menyebabkan mahasiswa diharapkan memiliki ketrampilan dalam seni melakukan pendekatan kepada masyarakat. Seni dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat tidak lah mudah hanya dengan satu kali pertemuan saja, hal ini perlu untuk terus di asah. Ketrampilan dalam berinteraksi dengan masyarakat sangat perlu untuk dibiasakan, khususnya bagi sarjana kesehatan masyarakat. Atas dasar itulah maka kegiatan Peduli Desa ini diadakan. Untuk menjadi momen yang dapat mahasiswa gunakan untuk melatih ketrampilannya dalam berinteraksi dengan masyarakat. Selain itu harapan lainnya ialah ketika kegiatan ini dapat membantu menyelesaikan masalah terutama sektor kesehatan di suatu daerah dengan lingkup desa.

TENTANG DESA LANGKAPJAYA

Desa Langkapjaya terletak di kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Desa ini dapat dicapai dengan perjalanan darat selama 5 jam dari Ibukota. Memiliki luas wilayah 2.566 Ha. Terdiri dari 4 dusun, 9 rukun warga (RW), dan 33 rukun tetangga (RT). Merupakan pemekaran dari desa cilangkap yang terbentuk pada tahun 1986. Jumlah penduduk di desa Langkapjaya 6078 jiwa menurut sensus penduduk tahun 2013.

Sumber daya alam di desa ini melimpah. 30%nya merupakan perkebunan teh dan karet, namun kepemilikan dari perkebunan tersebut masih dipegang oleh swasta. Selain itu adapula hutan, sawah, dan tambang yang kemudian dimanfaatkan warga yang menghasilkan kacang-kacangan, padi, palawija, mangan, emas, galena. Mata pencaharian masyarakat Desa Langkapjaya ialah petani atau buruh tambang.

Desa Langkapjaya masih memiliki masalah sosial kemasyarakatan, salah satunya ialah masalah kesehatan. Angka kematian bayi di desa ini merupakan yang tertinggi di kecamatan Lengkong. Pada tahun 2014, masih terdapat kasus aborsi, hamil di luar nikah, hamil terlalu muda dan terlalu tua. Kasus-kasus tersebut juga menyebabkan angka kematian ibu di desa Langkapjaya menjadi tinggi. hal ini tidak dibarengi dengan perilaku menjaga kehamilan dan persalinan dengan baik dengan memanfaatkan program ASI eksklusif, Imunisasi, dan KB karena ada beberapa anggapan yang mengharamkan program-program tersebut di kalangan warga desa Langkapjaya.

PEDULI DESA

Merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan FKM UI Peduli yang mengajak para mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat. Mahasiswa yang telah mendaftar sebagai volunteer akan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan dan pembekalan. Kemudian seluruh volunteer akan tinggal di sebuah desa selama 5 hari dan melakukan kegiatan yang terdiri dari:

  • Intervensi Kesehatan

Merupakan kegiatan intervensi kesehatan yang berkaitan dengan penyampaian informasi kesehatan dan aksi promosi kesehatan. Topik-topik yang akan diangkat dalam kegiatan intervensi kesehatan kali ini adalah mengenai kesehatan ibu dan anak, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang bekerjasama dengan BPJS. Selain itu terdapat pula beberapa program intervesi kesehatan yang diselenggarakan di tiap dusun.

  • Pesta Rakyat

Kegiatan ini merupakan satu moment dimana seluruh volunteer dan panitia dapat melakukan kegiatan bersama-sama dengan warga desa Langkapjaya. Kegiatan ini berisi berbagai hiburan, lomba-lomba, serta bazaar murah untuk memeriahkan suasana dan menumbuhkan kebersamaan.

  • 1 hari 1 kebaikan

Merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap harinya, bertujuan untuk membudayakan hal baik untuk kemudian disebarluaskan dengan aksi nyata sederhana dari volunteer kepada warga desa Langkapjaya.

  • Solutif Homestay

Merupakan kegiatan untuk mendekatkan diri antara volunteer dengan warga desa Langkapjaya. Volunteer yang menetap di rumah warga wajib membantu pekerjaan rumah tangga warga. Selain itu volunteer dibebaskan untuk membuat satu inovasi kegiatan sederhana yang bersifat solutif bagi warga yang menjadi homestaynya masing-masing.

  • Charity

Merupakan kegiatan pemberian bantuan kepada masyarakat desa Langkapjaya. Bantuan yang diberikan disesuaikan dengan hasil donasi yang telah didapatkan. Selain itu akan ada charity berupa penyediaan jasa foto keluarga untuk setiap warga yang menjadi homestay bagi volunteer.

  • Piket & Diary Harian

Piket harian adalah pembagian jadwal rutin yang bertujuan untuk masak, belanja, dan jaga rumah untuk seluruh volunteer di rumahnya masing-masing. Sedangkan pada diary harian, volunteer harus menuliskan pengalaman yang dialami setiap harinya pada sebuah buku yang diberikan oleh panitia.

Setelah kegiatan Peduli Desa selesai akan ada output yang dihasilkan yakni sebuah karya dalam bentuk buku. Buku ini memuat tentang kisah perjalanan peduli desa selama 10 tahun yang bertajuk 10 tahun kebermanfaatan, serta berbagai pengalaman dan perjuangan hidup yang dilakukan oleh beberapa tokoh yang ada di desa Langkapjaya, lengkap dengan berbagai pengalaman volunteer selama berkegiatan di desa Langkapjaya dalam tajuk Jejak Pengabdian Anak Bangsa.

Timeline Acara

Kegiatan

November, Minggu ke-

Desember, Minggu ke-

Januari, Minggu ke-

Keterangan

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

Pelatihan & pembekalan volunteer

8,15,22,29 Nov dan 6,13,20,27 Des 2014

Pencarian dana dan hubungan kerjasama

-

Publikasi kegiatan

-

Persiapan media intervensi

6,13,20,27 Des 2014

Persiapan operasional kegiatan

-

Survey kegiatan

28 – 30 Nov 2014 dan 24 – 26 Des 2014

Advance kegiatan

6 – 7 Januari 2015

Hari H Acara

8 – 12 Januari 2015

Output Buku

Februari 2015

Rencana Penggunaan Dana

No.

Keterangan

Jumlah

1

Pelatihan volunteer

2.000.000

2

Intervensi kesehatan

2.000.000

3

Pesta rakyat

7.000.000

4

Transportasi

3.500.000

5

Perlengkapan

2.750.000

6

Konsumsi

1.500.000

7

HPD

500.000

8

K3 (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan)

880.000

TOTAL KESELURUHAN

20.130.000

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 6

  • Rp. 1.000.293
    Anonim
  • Rp. 250.296
    Anonim
  • Rp. 50.521
    Anonim
  • Rp. 50.464
    Anonim
  • Rp. 50.381
    Anonim
  • Rp. 50.229
    Anonim
  • Rp. 1.000.293
    Anonim
  • Rp. 50.229
    Anonim
  • Rp. 50.464
    Anonim
  • Rp. 50.521
    Anonim
  • Rp. 250.296
    Anonim
  • Rp. 50.381
    Anonim

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?