Kitabisa! - Pembangunan Masjid Indonesia Tokyo

Pembangunan Masjid Indonesia Tokyo

Pembangunan Masjid Indonesia Tokyo
Alhamdulillah, Masjid Indonesia pertama di Tokyo sedang dalam proses konstruksi ! Kami masih membuka kesempatan seluas-luasnya infaq dan wakaf !

Rp 1.342.240.210

terkumpul dari Rp 5.000.000.000
27% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 3 Sep 2016 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

36330af4f76fe7a1ec0f919a79a18b3fffc5b18b

========================================================

KMII, merupakan kepanjangan dari Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII Jepang; http://www.kmii-jepang.net/), merupakan organisasi dakwah Islam di Jepang yang dimotori oleh masyarakat islam Indonesia yang tinggal di Jepang.

Kebutuhan dasar umat islam Indonesia di Tokyo dan sekitarnya (±10.000 orang) yaitu kehadiran masjid untuk meraih kesempurnaan dalam menjalankan ibadah. Pendidikan agama dan pengembangan karakter masyarakat juga terlihat dari banyaknya kegiatan islami yang rutin dilakukan baik secara harian, mingguan, bulanan, serta tahunan yang dihadiri hingga ribuan orang.

Sampai saat ini umat islam Indonesia di Tokyo melaksanakan berbagai kegiatan tersebut di Balai Indonesia (Aula; ruang serbaguna), Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Keluarga Masyarakat Islam Indonesia Jepang telah memulai ikhtiar untuk membangun masjid di Tokyo dengan membentuk Panitia pembangunan Masjid Indonesia Tokyo (atau sejak dahulu dikenal dengan Panitia Pembangunan Masjid Meguro) sejak tahun 1999. Berbagai tantangan telah dihadapi panitia hingga akhirnya bisa sampai ke tahap memulai pembangunan pada tahun 2016 ini.

Alhamdulillah, setelah melalui proses panjang perizinan dan desain masjid, pada tahun ini proyek pembangunan konstruksi masjid Indonesia pertama di Jepang telah dimulai. Peresmian pembangunan dan peletakan batu pertama juga telah dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk Jepang.

Namun demikian total biaya yang dibutuhkan untuk seluruh rangkaian pembangunan ini belum tercukupi. Total rencana anggaran biaya rangkaian pembangunan Masjid Indonesia Tokyo adalah sebagai berikut

4c7318e804817f21a9821b51bd09e09c008e07dc

Oleh karena itu kami menggalang donasi juga dari masyarakat di Indonesia.

Total dana harus dipenuhi sebelum pembangunan masjid selesai pada APRIL 2017. Jika tidak terpenuhi maka akan menjadi hutang yang berbunga kepada pihak perusahaan kontraktor.

Keterangan lengkap termasuk laporan kemajuan mengenai proyek pembangunan Masjid Indonesia Tokyo dapat dilihat di tautan berikut:

http://www.masjid-indonesia.jp

https://www.facebook.com/groups/masjid.indonesia/

https://www.facebook.com/profile.php?id=1000123549...

Laporan dan perkembangan dana dapat dilihat di tautan berikut:

http://www.masjid-indonesia.jp/anggaran-biaya/#donasi

Dengan tekad, semangat dan niat yang luhur untuk mengembangkan ukhuwah Islamiah dan mensyiarkan agama Islam bagi umat Islam Indonesia di Tokyo pada khususnya dan di Jepang pada umumnya, kami memohon dukungan dan dorongan serta uluran tangan dari seluruh dermawan muslimin dan muslimat di mana saja berada agar tujuan yang mulia ini dapat terlaksana. Semoga semangat gotong royong serta keikhlasan bangsa Indonesia di perantauan dan di dalam negeri mampu mewujudkan cita-cita luhur ini. Akhirnya manusia boleh berencana namun Allah jugalah yang menentukan, cita-cita luhur di atas dapat lebih cepat dan juga bisa lebih lambat dari yang direncanakan. sebagai hamba Allah yang beriman, kita wajib berusaha dan berjuang di jalan Allah dengan berdoa ke hadirat-Nya. Insya Allah dengan izin-Nya selalu memberikan kelapangan serta petunjuk kebaikan bagi kita. Aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Panitia Pembangunan Masjid Indonesia Tokyo

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 2223

SHOW MORE
  • Rp. 250.103
    Anonim
  • Rp. 100.198
    Anonim
  • Rp. 51.108
    Anonim
  • Rp. 500.109
    Anonim
  • Rp. 50.170
    Anonim

    semoga pembangunan mesjid indonesia di tokyo nya berjalan lancar dalam segala aspek

  • Rp. 100.193
    Anonim
  • Rp. 200.185
    Anonim
  • Rp. 200.116
    Anonim

    bismillah tercapai

  • Rp. 10.000
    Rahmi
  • Rp. 50.112
    Anonim
SHOW MORE
Masjid Indonesia Tokyo 31 May 2017

Update 5 - Peresmian Masjid Indonesia Tokyo

Assalamu'alaikum warrahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah pada Hari Jumat, 26 Mei 2017 atau bertepatan dengan tanggal 30 Syaban 1438 H, beberapa jam sebelum 1 Ramadhan 1438H, telah dilakukan peresmian Masjid Indonesia Tokyo an Masjid Sano oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Mickronesia, Bapak Ir.Arifin Tasrif. Insya Allah mulai Ramadhan tahun ini, kedua masjid sudah dapat digunakan untuk mendukung kegiatan peribadatan dan syiar Islam di Jepang.

Acara peresmian Masjid Indonesia Tokyo ditandai dengan pemotongan pita di depan pintu utama masjid, disaksikan oleh lebih dari 200 orang warga Indonesia dari Tokyo dan sekitarnya. Selain warga sekitar masjid, acara peresmian ini juga dihadiri perwakilan organisasi islam dan kemasyarakatan yang ada di sekitar Tokyo, serta perwakilan organisasi keislaman dari negara lain seperti Jepang dan Turki.

Sudah sejak lama umat Islam Indonesia di Tokyo dan sekitarnya mengharapkan kehadiran masjid untuk meraih kesempurnaan dalam menjalankan ibadah, serta untuk menjalin ukhuwah islamiyah melalui berbagai kegiatan islami yang rutin dilakukan secara harian, mingguan, bulanan, serta tahunan yang dihadiri hingga ribuan orang. Biasanya umat islam Indonesia di Tokyo melaksanakan berbagai kegiatan tersebut di Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang sebagai wadah aktifitas umat muslim di Jepang dan Tokyo pada khususnya, telah memulai inisiasi pembangunan masjid di daerah Tokyo sejak tahun 1999. Ketersediaan lahan yang terbatas dan harga lahan yang tinggi menjadi kendala utama pada awal inisiasi pembangunan masjid. Setelah lebih dari 10 tahun perjalanan kepanitiaan dengan anggota yang silih berganti, pada awal tahun 2010 dilakukan restrukturisasi gerakan pengumpulan dukungan dan dana. Alhamdulillah pada tahun 2012, KMII mendapatkan dukungan resmi dan donasi dari Pemerintah dari mulai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan 2 Wakil Presiden RI saat itu, Jusuf Kalla, dan Budiono. Surat rekomendasi dari Duta Besar RI untuk Jepang, Muhammad Luthfi dan endorsement letter dari Japan Muslim Association (JMA) juga menambah dukungan kepada KMII untuk mengumpulkan donasi pembangunan masjid.

Perkembangan signifikan dan konkrit menuju pembangunan masjid, terjadi pada tahun 2013-2014. Setelah dilakukan studi kelayakan komprehensif meliputi jamaah, aksesibilitas dan juga anggaran, disimpukan bahwa lokasi terbaik untuk pembangunan masjid adalah di dalam kompleks SRIT. Berdasarkan hasil studi tersebut dilakukan komunikasi intensif yang melibatkan KMII dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melalui KBRI, berkaitan dengan penggunaan lahan SRIT untuk pembangunan masjid. Alhamdulillah berkat dukungan Kemenlu dan KBRI, surat izin penggunaan lahan SRIT untuk masjid dikeluarkan pada tahun 2015. Proses perancangan awal masjid kemudian dilakukan dengan intensif berdasarkan peraturan pembangunan setempat.

Pada tahun 2015 dilakukan proses lelang pembangunan dan penunjukkan desainer (arsitek) masjid untuk finalisasi desain masjid sesuai peraturan lokal setempat. Proses desain detail masjid oleh ESPAD diakhiri dengan proses lelang dan pemilihian kontraktor pembangunan masjid pada tahun 2016. Proses pembangunan fisik masjid dilakukan oleh EIKOU Constructions ditandai oleh peletakan batu pertama oleh Duta Besar RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra pada 11 Juni 2016.

Perjalanan panjang pembangunan masjid kemudian berlanjut dengan pengumpulan dana pembangunan yang tidak sedikit. Total dana yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid mencapai 188 juta yen atau sekitar lebih dari 22 milyar rupiah. Dukungan utama didapatkan dari PT ASTRA INTERNATIONAL (5 Milyar Rupiah), PT. PERTAMINA (lebih dari 1 Milyar Rupiah), dan berbagai BUMN lainnya. Selain itu, tentunya dukungan massif dari umat Islam Indonesia di seluruh penjuru Jepang menjadi motor utama penggalangan donasi untuk pembangunan masjid. Program wakaf tunai menjadi program utama KMII dan Panitia Pembangunan Masjid Indonesia Tokyo untuk mengumpulkan dana pembangunan masjid dari umat Islam baik di Jepang maupun di Indonesia.

KMII dan berbagai organisasi keislaman dan kemasyarakatan bergerak bersama untuk menggalang dana pembangunan masjid melalui berbagai acara. Pada awal tahun 2017, peningkatan penggalangan dana dilakukan melalui media sosial. Alhamdulillah, proyek pembangunan Masjid Indonesia Tokyo mendapat perhatian cukup besar dan dukungan donasi lebih dari 1 Milyar rupiah melalui crowdfunding kitabisa.com dan transfer bank di Indonesia. Syukur Alhamdulillah berkat rahmat Allah dan dukungan dari semua pihak, dana pembangunan Masjid Indonesia Tokyo terkumpul sebelum pekerjaan pembangunan masjid selesai, sehingga KMII dan Panitia Pembangunan Masjid dapat terhindar dari hutang kepada kontraktor.

Dengan diresmikannya Masjid Indonesia Tokyo, maka kegiatan keislaman Insya Allah akan berpusat di masjid dimulai dengan kegiatan Ramadhan 1438 H.

Semoga setiap usaha dan donasi untuk membangun rumah Allah di Negeri Sakura Jepang, dijadikan sebagai amal ibadah jariyah dan umat Islam di Jepang dan Tokyo pada khususnya diberikan kekuatan untuk memakmurkan Masjid Indonesia Tokyo. Aamiin.

Perkembangan lengkap mengenai kegiatan dan dokumentasi acara Masjid Indonesia Tokyo dapat dilihat di tautan sbb:

www.facebook.com/masjidindonesiatokyo/

Wassalamu'alaikum warrahmatullah wabarakatuh

Panitia Pembangunan Masjid Indonesia Tokyo


Masjid Indonesia Tokyo 8 May 2017

Update 4 - Progres Pembangunan Masjid Indonesia Tokyo

Assalamualaikum Wr Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua.

Dear Sahabat Masjid Indonesia Tokyo,

Pada laporan update kali ini, kami akan mengabarkan progres pembangunan Masjid Indonesia Tokyo yang saat ini sudah sangat terlihat bentuk fisiknya. Insya allah jika tidak ada kendala, Masjid Indonesia Tokyo akan diresmikan pada tanggal 26 Mei 2017, atau 1 hari sebelum bulan Ramadhan 1438 H.

Keterangan lengkap mengenai pembangunan Masjid Indonesia Tokyo dapat dilihat di FP kami. https://www.facebook.com/masjidindonesiatokyo/

Mohon doa dari sahabat semua, semoga pembangunan Masjid Indonesia Tokyo lancar dan tidak menemui hambatan berarti. Insya allah idul fitri tahun ini, Masjid sudah bisa digunakan. Kami tunggu sahabat semua untuk beribadah bersama di Jepang. Yosh ! Ganbaree !

Panitia pembangunan Masjid Indonesia Tokyo

Masjid Indonesia Tokyo 13 Mar 2017

Update 3 - Campaign Sukses

Halo Para Donatur,

Terima kasih sudah berdonasi di campaign Pembangunan Masjid Indonesia Tokyo!

Anda mendapatkan email ini karena penggalangan dana telah ditutup. Total donasi yang terkumpul sejumlah Rp 1.340.788.028 dari 2215 donatur.

Tunggu update berikutnya dari Masjid Indonesia Tokyo terkait penggunaan dana.

Terima kasih!

Masjid Indonesia Tokyo 13 Mar 2017

Update 2 - Akhir sebuah cerita, Awal sebuah perjuangan

Hari bersejarah ini sudah kami nantikan sejak Tahun 1999. Sebuah cita-cita besar yang hampir tidak bisa diwujudkan, membangun sebuah masjid di jantung Kota Tokyo, melalui dana yang dikumpulkan murni dari seluruh Masyarakat Indonesia.

Jumlah dana yang harus kami kumpulkan sangatlah tidak sedikit. Karena masjid kami bangun dari nol, tidak tanggung-tanggung kami harus mengumpulkan kurang lebih 23,5 Miliar rupiah! Jumlah yang sampai hari ini pun tidak akan terasa masuk akal jika harus dipenuhi hanya dari sumbangan dana masyarakat.

Namun, kami percaya satu hal. Allah maha kaya. Tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya. Kami percaya kami bisa. Hanya Allah SWT yang bisa mencabut keyakinan dalam diri kami. Sungguh perjuangan ini berat, namun ini perjuangan di jalan-Mu ya Allah, maka tidak ada yang tidak mungkin bagi-Mu.

Hari ini, 13 Maret 2017, hampir 18 tahun sejak cita-cita ini kami perjuangkan, izinkan kami untuk menyampaikan sebuah kabar amat bahagia, bahwa per hari ini, Masyarakat Indonesia telah berhasil memenuhi kebutuhan pembangunan Masjid Indonesia Tokyo. Allahu Akbar!

Pada hari ini, jumlah dana dari Masyarakat Indonesia yang terhimpun di panitia telah mencapai 196,5 Juta yen, melebihi dana yang dibutuhkan sebesar 188,6 Juta Yen. Semoga segala kebaikan terus tercurah kepada kawan-kawan yang membantu kami mewujudkan cita-cita ini.

Pada hari ini juga, kami dengan sangat berat hati menutup program Wakaf Masjid Indonesia Tokyo, serta crowdfunding Masjid Indonesia Tokyo di kitabisa.com. Untuk kawan-kawan yang masih ingin berdonasi, kami membuka rekening via JP Post dan SMBC untuk Jepang, serta Bank Mandiri untuk Indonesia. Donasi yang diterima setelah terpenuhinya kebutuhan bangunan utama masjid akan tetap kami terima dengan alokasi sebagai berikut:
1. Fasilitas Masjid Indonesia Tokyo
2. Operasional Masjid Indonesia Tokyo
3. Penunjang dakwah Masjid Indonesia Tokyo dan lainnya

Insya allah, Masjid ini hanya akan tinggal menunggu waktu hingga ia berdiri tegak. Masjid ini sebentar lagi akan menjadi tempat berkumpulnya kebaikan, tempat menyuarakan kedamaian dan tempat anak manusia belajar dan berjuang. Alhamdulillah, sebuah cerita tentang mimpi membangun masjid di jantung Kota Tokyo telah usai, dan sebentar lagi, perjuangan baru akan dimulai.

Sekali lagi, terima kasih kawan-kawan semua. Semoga amalan kita semua tidak terputus walau jasad sudah berpisah dengan ruh.

Tokyo, 13 Maret 2017
Mewakili seluruh Masyarakat Indonesia di Jepang,
Panitia Masjid Indonesia Tokyo

==============================

Tetap ikuti perjalanan dakwah kami di

https://www.facebook.com/masjidindonesiatokyo/

==============================

Masjid Indonesia Tokyo 7 Feb 2017

Update 1 - Perkembangan donasi hingga 7 Februari 2017

Assalamu'alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh

Alhamdulillah !

Pada Januari 2017, telah terkumpul donasi sebesar 2.38 miliar rupiah (akumulasi donasi di Indonesia dan di Jepang).

==========================================

Donasi dari Jepang (Januari 2017) = JPY 13,41 Juta (IDR 1,61 Miliar)

Donasi dari Indonesia (Januari 2017) = IDR 769,92 Juta

Sisa dana yang kami perlukan = JPY 15,03 Juta (IDR 1,80 Miliar)

==========================================

Terima kasih atas doa sahabat semua yang berada di Indonesia dan Jepang.

Di sisa perjalanan ini, kami membuka kesempatan seluas-luasnya infaq dan wakaf untuk pembangunan Masjid Indonesia Tokyo.

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738)

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

==========================================

Salam hangat,

Panitia Masjid Indonesia Tokyo

Wassamu'alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?