Kitabisa! - Kapal Ramadhan: Paket Pangan untuk Indonesia Timur

Kapal Ramadhan: Paket Pangan untuk Indonesia Timur

Kapal Ramadhan: Paket Pangan untuk Indonesia Timur
Jelang dan saat Ramadhan, harga pangan selalu naik. Hal ini memperburuk kondisi ketahanan pangan di Indonesia Timur

Rp 8.658.423

terkumpul dari Rp 150.000.000
6% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 30 May 2018 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

Tekad Persembahkan Ramadhan Terbaik bagi Saudara Sebangsa di Timur Indonesia

“Fenomena kenaikan harga bahan pangan menjelang dan saat Ramadhan selalu terjadi dalam 10 tahun terakhir “

uj615V-kgQBrdfKly76PjKbgwnNbhOqFhiBgPDlp500RpREUEJ9ydmcQ6zaDL_rnGEmANdmXktqm271tzDHYP1-lD2CxdGuwcE4oKXDnYtdjDA7lmDtm4vqV2WavFYGyRrHKJTNm

Bercerita tentang wilayah Timur Indonesia, lembaran kisahnya selalu ramai dengan bentang lautan biru, deretan pulau-pulau eksotis, juga ribuan suku dan budaya lokal yang tak terkira nilainya. Namun, cerita tentang wilayah timur Indonesia tak hanya tentang keindahan.

Ada ironi yang bersanding dengan eksotisme. Mirisnya lagi, ironi itu merata terselip di tiap-tiap pulau, gunung, dan daerah terpencil di pelosok Indonesia Timur.

eiejzJaytGBmcxQpfWewaro89skpIs0Bgb2T4nSu3QsiugogFVzZ5tXUdANJfDCiepIylIfOnT_ZQqnJ5XIpfX-0neRjgrNhASqQp4Wui1yFxu_GBy_gfbMqpQ7ZTkDF5mFPwTkN

Kalau tak ada kapal, kalau ombak sedang meninggi, maka tak ada logistik yang terangkut hingga ke pulau-pulau terpencil. Kalau tak ada kendaraan umum yang mengangkut, harga-harga barang kebutuhan sehari-hari melonjak tak terjangkau.

gZN1lpvc_d9JFgkS8sHiYTAQBsvcAsYIGo3OiciVu67YL5kTZ1H-T2-tLIr2hn_QyUeh41Op9RuPi3W1VeVOCPiuvoCU0EKMh740EIybkiqYpQYsPrWr5R0uFvwmZ8WVSnl6S_AH

Satu dari sekian luas deretan wilayah Timur Indonesia, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpan lembaran cerita yang lengkap. Angka statistik menuliskan, jumlah penduduk miskin di NTT hingga bulan September 2017 mencapai 1.134.740 orang, atau setara dengan 21,38 persen dari populasi.

Ironi itu pun belum banyak yang berubah di hari-hari Ramadan tahun 2018 ini. Selagi semarak berbuka puasa berulang setiap harinya bagi masyarakat di Pulau Jawa, ratusan ribu keluarga Muslim di pelosok NTT, berbuka puasa dalam kesunyian. Terlebih dengan kenyataan bahwa harga-harga pangan di Bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran selalu melambung tinggi.

Beranjak dari getir cerita yang tersaji di pelosok NTT, Aksi Cepat Tanggap (ACT) memulai ikhtiar untuk melayarkan Kapal Ramadan: Layarkan 10.000 Paket Pangan dan Bingkisan Lebaran untuk Masyarakat Timur Indonesia. Sebuah perjalanan menyapa puluhan ribu keluarga di Indonesia untuk mendistribusikan paket pangan di desa-desa paling pelosok.

i0RaoLr3Q70iJqnqIn-VFbvK6Ux6pWpNAhI1M4Zy2IGXDSCCAjjARrt0VBCf776732KpzZm2UBBgPmKPRs-9jqwQJhr129Gq-Vw2Jy63izwxLxzu2nscRihpF2WklsiLD7drvbUu

Perjalanan Kemanusiaan Kapal Ramadhan

Kapal Ramadan akan mulai berlayar dari Pelabuhan Garongkong di Sulawesi Selatan pada Rabu, (30/5) dalam beberapa etape. Pada etape peratama, Kapal akan berlayar menuju Pelabuhan Labuan Bajo. Di titik ini, Kapal Ramadan akan menurunkan logistik untuk belasan lokasi, meliputi Golo Lijun, Golo Lebo, Manggarai Barat, hingga ke Maumere.

Setelah etape pertama, Kapal Ramadan akan kembali berangkat menuju ke titik berikutnya, yakni Pelabuhan Kalabahi di Kabupaten Alor. Belasan titik pelosok, seperti Pulau Pura, Pulau Buaya dan sekitar Pantar akan disambangi menggunakan truk atau perahu kecil.

wreoYYfYWbbfbuzB8F06C0HKt-Y0RUqXrLAvETK6GXq0U2U-rS1gmNUnIGEtQFHx2ckZIxXDpLR7sdR90QCln3uJoQg5ut_lDRdcpNacsSackST4c_3SRiaORoUvaYGvU3KGuEVc

Tidak berhenti sampai di Alor, Kapal Ramadhan akan sampai pada tujuan terakhir di Pelabuhan Kupang sebagai titik etape ketiga perjalanan Kapal Ramadhan. Di Tanah Timor, distribusi logistik Kapal Ramadan akan dibawa melalui kapal motor dan truk-truk ke beberapa tujuan, antara lain Pulau Kera, Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, hingga ke Atambua di Perbatasan Timor Leste.

Setiap paket pangan berisi bahan-bahan pokok, misalnya beras, gula, minyak, ikan asin dan bahan pangan lainnya. Total bantuan seluruhnya adalah sekitar 100 ton atau setara dengan 10.000 paket pangan. Insya Allah, dalam Kapal Ramadan ini juga akan membawa tim medis untuk melakukan pelayanan kesehatan di beberapa titik tujuan.

fq1GC_MV6edyofhxoyrcg9SGe4pg12ydC-bGJ1rPxfAsSID-UerlaK6NewUe78SemkiRxzohe57YJKKdh0mJtfhhkkls1jDDVos69WdVJnZH-qCx3t3eiSSlwMlGE1lyIMlZRz_K

Momentum Ramadhan adalah momentum berbagi kebaikan dan momentum berbagi kebahagiaan. Yang jauh saja dibantu, dekat apalagi.

#KapalRamadhan
#TerbaikIndonesia
#BeriIndonesiaRamadhanTerbaik


Mari berikan bantuan terbaik kita dengan berdonasi melalui laman ini.

Cara Berdonasi:
1. Klik "DONASI SEKARANG"
2. Pilih Bank Transfer Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
3. Dapat laporan via email

Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan yang terkumpul.

Semoga bantuan yang Sahabat berikan menjadi amal sholeh dan pemberi jalan keberkahan.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 51

  • Rp. 1.000.437
    Anonim
  • Rp. 955.408
    Anonim
  • Rp. 500.293
    Anonim
  • Rp. 500.130
    Iweng Waluyojati
  • Rp. 400.758
    Anonim
  • Rp. 300.784
    Ita Yusdiana

    Semoga saudara kita di timur indonesia selalu dilimpahi keberkahan

  • Rp. 300.387
    Anonim

    semoga amanah

  • Rp. 300.124
    Triono Riadi Setiawan

    Semoga selalu jaga iman dan tauhid kepada Allah

  • Rp. 250.809
    Fakgous asto
  • Rp. 250.464
    RPL Family 2009

    Semoga bisa bermanfaat untuk sodara2 di Indonesia timur.

SHOW MORE
  • Rp. 165.754
    Anonim

    Semoga berkah dan lancaar ya. Semoga dapat tersalurkan dengan baik. Aamiin

  • Rp. 70.501
    Anonim
  • Rp. 28.000
    Anonim
  • Rp. 400.758
    Anonim
  • Rp. 1.000.437
    Anonim
  • Rp. 50.000
    Anonim
  • Rp. 100.682
    Syamsul Arif
  • Rp. 10.000
    Anonim
  • Rp. 50.000
    Anonim
  • Rp. 100.000
    Anonim
SHOW MORE
Aksi Cepat Tanggap 5 Jun 2018

Update 1 - Paket Pangan Kapal Ramadan Tiba di Alor

Berkah Paket Pangan Kapal Ramadan Tiba di Alor

kapal-ramadan-alor

ACTNews, ALOR - Bertekad menebar rasa kemanusiaan di penjuru tepian negeri, Ramadanlah yang pas menjadi pilihan waktunya. Di bulan suci ini, umat Muslim berlomba-lomba meningkatkan pahala dengan ibadah. Ramadan juga menjadi momen bagi mereka untuk mengumpulkan amalan terbaiknya dengan cara berbagi.

Kapal Ramadan menjadi ikhtiar masif masyarakat Indonesia, khususnya Muslim, untuk berbagi terhadap sesama selama bulan suci ini. Sejak Rabu (30/5), Kapal Ramadan telah berlayar ke pulau-pulau di tepian negeri dan memulai perjalanan dari Kabupaten Barru, Sulawasi Selatan.

Kapal Ramadan sempat singgah di Tanah Flores, yaitu di Pelabuhan Labuan Bajo. Sabtu (2/6) dini hari, sekitar pukul 23:00 WITA, Kapal ini pun tiba di titik singgah kedua, yakni Pelabuhan Kalabahi, Alor, Nusa Tenggara Timur.

Tepat pada waktu kedatangannya, sebanyak 3.871 paket pangan diturunkan dari kapal, dan dimasukkan ke dalam dua buah truk. Truk-truk itu akan membawa paket pangan ke Desa Dulolong, di mana ada sebuah gudang yang digunakan sebagai ruang penyimpanan sebelum didistribusikan ke beberapa wilayah yang tersebar di dalam maupun di luar Pulau Alor.

Paket Pangan Kapal Ramadan sampai ke Pulau Pura

keesokan paginya. Dengan menumpangi perahu bermotor dari pesisir pantai di Desa Bulolong, Tim dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) beserta relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menyambangi Pulau Pura, Ahad (3/6). Pulau Pura terletak di sebelah Pulau Alor, butuh waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke sana. Pendistribusian dilakukan di Dusun B, Desa Maru, Kelurahan Pura.

Pulau Pura dikenal dengan populasi minoritas Muslim. Hal itu yang menjadi alasan pembagian dusun menjadi dua, yaitu Dusun A dan Dusun B. Benar, hanya terdiri dengan huruf 'A' dan 'B' dusun mereka dinamai.

Di Dusun A, pemeluk Muslim itu minoritas, sedangkan di Dusun B justru Muslim menjadi kaum mayoritas. Tercatat 112 Kartu Keluarga (KK) di Dusun B yang menerima paket pangan Kapal Ramadan ACT dengan jumlah yang sama.

Paket yang berisi beras, gula, dan minyak kelapa itu disambut baik oleh masyarakat.

"Bersyukur sekali, menjelang Lebaran kami dapat ini semua, kami jadi tidak kesusahan harus membeli sembako ke luar Pulau Pura. Kami terima kasih banyak kepada ACT, " ujar Fatimah (47), salah seorang penduduk asli Pulau Pura.


Selain Pulau Pura yang ada di luar Pulau Alor, ACT juga memberikan paket pangan itu ke Pulau Buaya dan Pulau Pantar. Total sejumlah 1.600 paket pangan dibagikan di beberapa kecamatan yang ada di wilayah-wilayah tersebut, Ahad (3/6).Kecamatan itu di antaranya Pura Barat, Pura Utara, Pura Pantar, Pantar, Pantar Barat, Pantar Barat Laut, dan Pantar Tengah.

Sekitar pukul 17.00 WITA pada hari yang sama, Ahad (3/6), Kapal Ramadan ACT telah menepi kembali di Pelabuhan Kupang. Setelah berlayar selama lebih kurang 12 jam. Ribuan paket pangan pun akan sampai di tangan masyarakat Kupang, hingga ke perbatasan Atambua-Timor Leste.

Pulau Timor akan menjadi destinasi terakhir Kapal Ramadan di Nusa Tenggara Timur. Implementasi paket pangan di Pulau Timor, insya Allah akan dimulai pada Senin (4/5). []

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?