Kitabisa! - Bantu Pak Hasan miliki rumah layak #RelawanACT

Bantu Pak Hasan miliki rumah layak #RelawanACT

Bantu Pak Hasan miliki rumah layak   #RelawanACT
"Kalau hujan kan kak, airnya terasa masuk lewat situ" Kata Anak Pak Hasan menunjuk dinding bagian atas rumahnya yang tak berdinding tepat disebelah dipan kayu.

Rp 1.033.973

terkumpul dari Rp 45.000.000
2% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 22 Jun 2017 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

Saya Laila Khalidah. Saya akan bercerita tentang seorang bapak dan keluarganya yang sedang hidup dalam kepungan kemiskinan.

Nama beliau Pak Hasan. seorang Bapak dengan istri dan 5 orang anak yang masih kecil - kecil. Pertamakalinya, saya mendengar cerita tentang beliau ini dari diskusi dengan Bang Edi Fadhil yang sempat kami lakukan beberapa bulan lalu.

Menurut cerita beliau, yang didapatkan dari relawan di Lapangan, pak Hasan ini membiayai hidup sehari-hari keluarganya dari kemurahan hati para tetangga yang terkadang menggunakan jasa beliau untuk membantu di Ladang / Kebun sebagai kuli panggul. ya, beliau bekerja sebagai buruh harian lepas yang kadang punya penghasilan, lebih seringnya tidak.

Pak Hasan. seorang bapak berumur 50 an tahun, tinggal bersama keluarganya di rumah mereka yang tidak layak huni dan beberapa kali didapati hanya mengkonsumsi kangkung rebus sebagai makanan tanpa apapun yang lain. Hidup mereka bahkan terlalu jauh untuk bisa dibilang sederhana. hidup mereka miskin. :"(.

Dari cerita itulah awalnya saya memulai campaign ini. Berusaha mengumpulkan sejumlah dana dari para donatur agar bisa membantu beliau dan keluarganya memiliki rumah yang layak huni. Meski saat itu belum pernah melihat langsung kondisinya.

Hingga akhirnya saya berkesempatan mengunjungi langsung rumah beliau yang berada di Dusun Tengah Gampong Arongan Kecamatan Tanah Jambo Aye dalam rangka menyampaikan santunan donasi awal dari Aksi Cepat Tanggap Aceh tempat saya bekerja saat ini.

Dengan terus berkoordinasi dengan Bang Edi Fadhil serta komunikasi dengan relawan lapangan setempat, tim kami yang saat itu sedang kembali dari Aceh Timur dalam kunjungan program akhirnya menelusuri jalan memasuki perkampungan menuju rumah Pak Hasan bersama Bang Akmal, relawan di lapangan yang menjadi pemandu kami.

Lalu saya dibuat sesak hati. Saya berulang kali berusaha menahan diri untuk tidak menangis atau bahkan sekedar membiarkan mata saya berkaca-kaca. Karena sungguh, kenyataan yang saya lihat di pertengahan Agustus itu jauh lebih menyedihkan dari yang bisa dibayangkan sebelumnya.

232746a8e7c5986b44815e6792e56a7041a78248

Gambar : Kondisi ruang yang dijadikan kamar dirumah Pak Hasan.

Rumah itu saudara-saudara, bahkan dari luarnya saja sudah tampak tak layak huni. dan kenyataan didalam rumahnya tampak lebih miris. begitu masuk, kami mendapati dipan kayu yang berisi tumpukan - tumpukan baju, sekaligus menjadi dipan anak - anak Pak Hasan tidur, yang juga berada disamping meja tempat kompor, serta masih disana piring yang menyisakan ubi goreng, nampaknya hari itu mereka juga masih tidak punya beras.

Sementara disebelah kanan, kami mendapati bagian yang sepertinya dimaksudkan untuk dapur, tapi jauh dari layak disebut dapur. bagian luarnya tak berdinding. bagian ini juga berdampingan dengan satu - satunya ruang yang disebut kamar di rumah ini. Diruang itulah juga saya mendapati istri beliau yang bolak balik keluar melihat kami, lalu berusaha masuk kembali kamar tersebut dan menutup pintu. Kondisi ruang yang dijadikan kamar, juga sungguh tidak lebih baik. Hingga akhirnya beliau keluar rumah setelah sempat terlihat abai ketika kami ajak bicara.

Dari cerita pak Hasan tim kami baru tahu, bahwa ternyata istri Pak Hasan beberapa hari itu seperti mengalami gangguan mental. Pantas saja ketika saya mencoba ajak bicara ia tampak seperti hanya menatap tidak fokus.

Kata Pak Hasan, kemarin malam sebelum kami datang istrinya pernah tidak pulang ke rumah setelah keluar. Ternyata beliau duduk ke rumah tetangganya semalaman. Tampaknya beliau dalam kondisi stress dan tertekan.

Sudah rumah tak layak huni, kemampuan ekonomi yang bahkan tak hidup, istrinya dalam kondisi tertekan, dan anak - anaknya masih kecil - kecil. ah, rasanya kesulitan dan ujian Tuhan datang dalam waktu yang bersamaan buat keluarga ini.

Namun mengeluh dan berhenti hanya dengan menyayangkan situasi yang dihadapi Pak Hasan juga tidak akan membantu beliau dan keluarganya sama sekali. Keluarga ini sungguh butuh bantuan. bahkan terakhir kali mendapati mereka makan ubi goreng itu membuat ada yang menusuk - nusuk dalam dada saya, mengingat terkadang kita menyisakan makanan dengan mudahnya sementara di rumah keluarga lain, bahkan menghadirkan nasi saja rasanya jadi hal mewah.

Terdorong karena keinginan membantu beliau inilah maka saya ingin mengajak sahabat - sahabat baik hati untuk ikut membantu pak Hasan dan keluarganya. meringankan beban hidup mereka, dengan ikut berdonasi agar kita bisa sama - sama membantu keluarga ini memiliki rumah layak.

Bahkan melihat senyum dan tawa anak - anak ini ketika kami datangi rasanya mengharukan. Mereka mungkin tidak paham akan situasi yang dialami orang tuanya, keluarganya, namun sungguh siapapun yang mendengar / melihat cerita ini, apalagi sampai melihat langsung kehidupan mereka, kita rasanya tidak ingin percaya masih ada kehidupan yang menyedihkan begini.

Bahkan saya benar-benar nyaris menangis didepan anak-anak beliau yang bilang, " Kalau hujan kak kan, airnya terasa masuk kedalam lewat situ" katanya sambil menunjukkan bagian dinding atas rumahnya yang justru tak berdinding, yang tepat berada disamping dipan yang menjadi tempat duduk sekaligus tidur mereka.

6eec780f232aa9f8e7440af4e6531519d8ac6c35

Gambar : 3 diantara anak - anak Pak Hasan.

Maka, Yuk lakukan sesuatu untuk Pak hasan. Kita bantu bersama membangun rumah yang layak huni untuk keluarga yang kesulitan ini. membantu agar rumah ini bisa berdinding. melindungi anak - anak ini dari dinginnya hujan dan angin malam, melindungi mereka ketika panas terik. menjadi rumah yang benar - benar bisa jadi tempat berteduh. Sungguh mereka tidak butuh rumah mewah. mereka hanya butuh rumah layak huni.

Saya, betapa inginnya kembali kesana, bilang ke beliau kalau kita akan membantunya membangun rumah bersama orang-orang baik yang telah mengulurkan tangan, bilang pada istri beliau supaya bisa lebih tenang dan tetap bisa mendidik anak-anaknya meski ditengah cobaan hidup yang sulit ini, lalu membawa coklat pada anak - anak beliau untuk kemudian bilang, "Tenang ya dek, nanti kalau kalian tidur atau duduk didalam rumah, insyaAllah kalian tidak akan kecipratan air hujan lagi."

ah. Semoga kita bisa segera membantu Pak hasan dan keluarganya ini. Semoga segera banyak orang - orang baik yang ringan hati ikut membantu untuk berdonasi bagi mereka yang sedang kesulitan ini. Amin. :).

Yuk, Membantu Pak Hasan dan keluarganya dengan berdonasi semampu kita. ^^.


af018796ded486280ebc6964beffd464320c39b0

Gambar : Bersama Pak Hasan dan Anak-anak beliau dalam kunjungan perdana dipertengahan Agustus lalu.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 11

  • Rp. 250.000
    Anonim
  • Rp. 200.895
    Anonim
  • Rp. 150.788
    Anonim
  • Rp. 125.614
    Anonim
  • Rp. 125.331
    Anonim

    Moga beranfaat

  • Rp. 50.455
    Anonim
  • Rp. 50.139
    Anonim
  • Rp. 20.751
    Romi Harliansyah
  • Rp. 20.000
    Satrio Dewo
  • Rp. 20.000
    Satrio Dewo
SHOW MORE
SHOW MORE
Laila Khalidah 26 Oct 2017

Update 3 - Up-Date 3 Kabar terkini rumah pak Hasan

Alhamdulillah.

Kabar baik dan menyenangkan datang dari info tentang Pak hasan, seorang kuli harian yang sebelumya tinggal di rumah tidak layak huni, kini telah mulai bisa tersenyum lega karena proses pembangunan rumahnya telah dimulai atas bantuan banyak Donatur yang baik hati.

Sebelumnya, setelah sempat di campaign disini, donasi yang terkumpul masih belum mencukupi. tetapi donasi yang terus membantu yang diinisiasi relwan lokal telah membuat prose pembangunan rumah ini bisa segera di mulai.


a2070931b77208c257e7daa1319420aeae47b8ae

Pertengahan Oktber hingga saat ini, rumah Pak hasan telah dibangun mulai dari pondasi hingga atap oleh para tukang yang dikoordinir oleh relawan lokal setempat.

Tak ketinggalan pula, donasi 10 Sak semen yang didapatkan dari @SemenIndonesia @SemenPadang yang merupakan hasil dari perolehan atas keikutsertaan campaign ini dalam program @millenialsbekrya dan telah langsung diantarkan ke lokasi pembangunan telah dimanfa'atkan dalam pembangunan rumah Pak Hasan menjadi rumah yang lebih layak untuk dihuni.

2433cde021782527b14c096f39c93a63949e8d6a

saat ini rumah pak Hasan masih terus dalam masa pembangunan. Semoga proses pembangunan rumah ini lancar, dan beliau beserta keluarganya segera bisa menempati rumah ini agar mereka bisa hidup dengan lebih nyaman

Laila Khalidah 19 Oct 2017

Update 2 - Update 2 :Hadiah semen bantu rumah Pak Hasan

Sekitar September lalu, saya mendapat kabar dari manajemen KitaBisa.com bahwa campaign rumah Pak Hasan yang telah dikabarkan sebelumnya oleh pihak kitabisa untuk diikutsertakan dalam program @millenialsberkarya mendapatkan hadiah 10 Sak Semen Padang untuk proses pembangunannya sebuah kabar baik tentunya.

Proses penyerahan 10 Sak semen sendiri direncanakan akan diserahkan langsung oleh pihak Semen Padang dilokasi rumah yang dicampaign kepada saya, selaku Campaigner. setelah sempat mengalami kendala menyesuaikan waktu, mengingat jarak lokasi dari keberadaan saya dan Pak Trisno, pihak Semen padang sendiri, ke lokasi rumah Pak Hasan, akhirnya kami sepakat bertemu pada tanggal 29 September. Proses penyerahan berjalan lancar.

7587f19b3add33de5bfce6faf71b03dbd4c5fe57

df15099edff22b71ba693d888b56689a4721b770

Gambar : Penyerahan semen langsung diterima Pak Hasan didepan rumahnya

Terkait kondisi rumah Pak Hasan, ketika kami datangi yang juga dibersamai oleh relawan lokal pendamping, rumah Pak Hasan sudah akan dibangun dilokasi yang berbeda dari sebelumnya, yakni di sepetak tanah yang dihibahkan oleh tetangganya yang dibantu proses administrasinya oleh perangkat Desa.

Saat ini, hasil penggalangan donasi untuk Pak hasan memang tidak mencapai nilai yang dibutuhkan hingga campaign berakhir, namun kabar baiknya adalah para relawan lokal serta relawan pendamping pak Hasan yang berinisiatif menggalang dana secara mandiri dan kolektif terus mengumpulkan dana yang cukup progressif sehingga proses pembangunan rumah pak Hasan bisa segera dimulai, sehingga bantuan semen yang diberikan Semen Padang pun akan bisa segera dimanfaatkan.

Saat didatangi dihari itu, lahan untuk rumah pak Hasan baru diberi sekat sekat penanda rencana peruntukan dan pembagian ruang. mohon doakan semoga bantuan untuk Pak Hasan terus mengalir sehingga proses pembangunan rumah dapat berjalan lancar, dan beliau bisa segera menempati rumah yang lebih layak bersama keluarga.

Tak lupa, Terimakasih pada para donatur yang telah berpartisipasi ikut berdonasi membantu untuk rumah pak Hasan :).

effd3443c3e3d63e2f2499a785c3e3081e5f036d

Gambar : Lahan yang dihibahkan untuk rumah Pak Hasan yang akan dibangun

Laila Khalidah 19 Jul 2017

Update 1 - Terimakasih

Terimakasih pada para Donatur yang telah memberikan donasinya untuk membantu Pak Hasan. semoga menjadi amal kebaikan yang berdampak pada kesejahteraan hidup anda serta keluarga, juga mohon do'akan semakin banyak pribadi pribadi baik yang tergerak untuk ikut menjadi Donatur. Sekali lagi, terimakasih :).

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?