Kitabisa! - Bantu Vania Melawan Infeksi Sepsis dan NRDS

Bantu Vania Melawan Infeksi Sepsis dan NRDS

Bantu Vania Melawan Infeksi Sepsis dan NRDS
Yuk bantu Vania melalui doa dan donasi kita agar Vania bisa sehat seperti bayi lainnya! Semoga Tuhan membalas kebaikanmu! Aamiin.

Rp 159.557.119

terkumpul dari Rp 100.000.000
160% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 29 May 2019 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!
“Saat Vania lahir, langsung terbayang indahnya hari-hari saya dan istri yang akan merawat dan melihat tumbuh kembangnya. Tapi ternyata, Allah berkehendak lain” -Agung, Ayahanda Vania
ccd92d79-9ea7-420f-872e-d8c75ae1ece3.jpg

Vania, bayi mungil ayah Agung dan bunda Angger, harus terbaring dalam keadaan kritis diruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) sejak 28 Mei 2019 lalu akibat mengidap Sepsis dan Neonatal respiratory distress syndrome (NRDS).

Dokter mengatakan bahwa,

“Sepsis adalah komplikasi infeksi yang dapat mengancam jiwa. Karena, dapat menyebabkan berbagai perubahan yang merusak beberapa sistem organ dan menyebabkan kegagalan organ. 
Sedangkan, NRDS adalah komplikasi yang membuat bayi kesulitan bernapas akibat paru-paru yang belum berfungsi dengan baik akibat infeksi (sepsis). Penyakit ini paling sering terjadi pada bayi prematur.” 

"Komplikasi tersebut menyebabkan  pneumothorax, kolestasis (gangguan empedu), meteorismus (perut kembung), Meconium Aspiration Syndrome (MAS) atau sindroma bayi yang mengalami kesulitan bernapas sesaat setelah lahir, serta diare akut disentri."

1310060c-be3b-43ce-87cb-6b5900e2ab3f.jpg

Hinga kini, Vania masih menjalani perawatan intensif dan dibawah pantauan dokter.

Biaya perawatan yang harus dikeluarkan ayah dan bunda Vania mencapai 6 juta/hari. Belum lagi, jika Vania harus mendapatkan tindakan medis tertentu yang biayanya tak kalah besar dari biaya yang dibutuhkan perharinya.

Ayah Agung dan bunda Angger tak mampu menanggung ujian ini sendiri. Namun, dengan doa dan bantuan terbaikmu, ada harapan mereka untuk bisa melihat bayi mungilnya sembuh.

Jika kamu  ingin membantu bisa dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG

2. Masukan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA,

BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 2412

  • Rp. 2.000.524
    Sucipto
  • Rp. 2.000.236
    Anonim

    Cepat sembuh ya nak… Tuhan memberkati.

  • Rp. 2.000.208
    Anonim
  • Rp. 2.000.000
    Anonim
  • Rp. 1.426.082
    Salsabil Raudhah Shabrina

    Cepat sembuh

  • Rp. 1.000.823
    Anonim

    Cepat sembuh ya nak.. mohon doakan jg agar kandungan saya senantiasa sehat dan tumbuh dgn baik agar kelak menjadi anak sholeh/sholehah. amin

  • Rp. 1.000.742
    Donny Kusmanagri

    Semoga segera sembuh dan Dimudahkan proses penyembuhan, serta Dikuatkan untuk keluarga nya

  • Rp. 1.000.711
    Anonim
  • Rp. 1.000.634
    Anonim

    Semoga lekas sembuh

  • Rp. 1.000.623
    Wilmora

    Semoga cepat sembuh. Yesus berkati.

SHOW MORE
  • Rp. 5.000
    Anonim

    Semoga membantu

  • Rp. 5.000
    Anonim
  • Rp. 10.000
    Anonim

    SMG cepat sembuh ya

  • Rp. 20.000
    Anonim
  • Rp. 10.000
    Anonim

    Semoga lekas sembuh

  • Rp. 25.000
    Anonim
  • Rp. 2.000
    Anonim
  • Rp. 5.000
    Wasilah.

    Semoga lekas sehat kembali sayang.

  • Rp. 10.000
    Anonim
  • Rp. 10.000
    Anonim

    Cepet sembuh ya

SHOW MORE
Agung Cahyanto 19 Jun 2019

Update 8 - Rawat Jalan

Assalamu'alaikum.

Hallo para #OrangBaik.

Alhamdulillah sekian lama dinanti akhirnya de Vania sudah diperbolehkan pulang ke rumah oleh dokter dan bisa rawat jalan.

92f530aa-c383-4641-8b73-4fe445046fcd.jpg

Kami tidak menyangka doa dan dukungan dari para #OrangBaik disini begitu banyak dan sangat menguatkan kami sebagai orang tua dalam menghadapi kondisi de Vania selama ini. Ini salah satu keajaiban yang kami dapat dalam kehidupan.

Setiap doa yang diberikan selalu kami aminkan agar Allah berkenan mengabulkan. Dukungan yang diberikan selalu kami doakan agar Allah membalas kebaikan para #OrangBaik dengan pahala dan kebaikan yang berlipat-lipat.

Alhamdulillah atas izin Allah, doa, serta dukungan dari para #OrangBaik akhirnya de Vania bisa mendapat penyembuhan yang lebih cepat dan tingkat pengobatannya pun semakin diturunkan karena kondisi de Vania bisa bertahan dan mulai membaik. 

Durasi perawatan de Vania yang bisa lebih cepat juga mengakibatkan turunnya biaya perawatan karena penggunaan alat bantu pernafasan (CPAP) dan WSD untuk mengeluarkan udara yang terjebak di paru-parunya sudah mulai dilepas. Obat-obatannya juga sudah mulai dihentikan. Alhamdulillah respon de Vania semakin hari semakin baik dan sudah bisa diberikan ASI secara langsung oleh Bunda. 

Total biaya yang dibutuhkan selama perawatan de Vania sebesar Rp.50.262.566.

4b98c670-5a71-4c51-965f-be102e38855c.jpg


Donasi untuk de Vania pun disalurkan sesuai dengan kebutuhan sebagaimana mestinya. 

Untuk menghindari salah persepsi perlu dijelaskan bahwa pencairan dana oleh kitabisa dilakukan sesuai dengan jumlah kebutuhan billing pasien. Pencairan pertama ditransfer ke rekening Rumah Sakit Mitra Keluarga, dengan akun BCA 8*********77 atas nama PT Ragam Sehat Multikita. Nama PT tersebut merupakan nama PT Rumah Sakit, bukan nama PT yang lain. 

Pencairan kedua ditransfer oleh kitabisa ke saya untuk membayar sisa tagihan perawatan rawat inap de Vania. Pembayaran tersebut saya lakukan dikasir Rumah Sakit.  

Jadi kedua cara pencairan dana tersebut sama-sama dibayarkan untuk biaya perawatan de Vania.

Terkait dengan dukungan secara pribadi yang datang dari saudara, sahabat dimasukan sebagai donasi offline disini. Seandainya ada sisa maka maka mohon izin untuk kami salurkan untuk amal dan membantu pasien lain yang membutuhkan. 

Adapun untuk kebutuhan biaya rawat jalan akan dilakukan pencairan sesuai dengan kebutuhan biaya rawat jalan nantinya. 

Dana lebih yang masuk di sini akan dikelola oleh kitabisa untuk membantu menyembuhkan pasien lain.

Pasca perawatan Tes Darah Gamma GT de Vania masih tinggi, hal tersebut masih menunjukan adanya gangguan fungsi hati dan empedu. Semoga seiring berjalannya pemberian ASI bisa semakin membaik.

Suara tangisan de Vania juga masih pelan. Dokter mengatakan akan dilihat dalam 2 s.d. 3 bulan kedepan karena rongga saluran pernafasannya belum terbuka lebar. 

Semoga kedepannya de Vania bisa sembuh total dan sempurna serta dapat tumbuh berkembang dengan baik, menjadi anak yang sholeha yang senantiasa bisa menebarkan kebaikan. Mohon doanya. 

Kami sebagai orang tua sangat bersyukur dengan adanya doa dan dukungan para #OrangBaik. Kami terus mendoakan agar Allah membalas setiap kebaikan dengan pahala dan kebaikan yang berlipat-lipat. Kami juga senantiasa berdoa agar Allah berkenan mengalirkan pahala dan kebaikan, untuk para #OrangBaik, dari setiap amal kebaikan yang kami lakukan. Aamiin.

Agung Cahyanto 18 Jun 2019

Pencairan Dana Rp 39.556.266

Ke rekening BNI / BNI Syariah ** *** 0418 a/n - AGUNG CAHYANTO

Rencana penggunaan dana: Untuk membayar sisa tanggungan pengobatan rawat inap de Vania selama di Rumah

Agung Cahyanto 10 Jun 2019

Pencairan Dana Rp 10.500.300

Ke rekening BCA *** *** 7777 a/n RAGAMSEHAT MULTIFITA PT

Rencana penggunaan dana: Disalurkan untuk biaya pengobatan de Vania, langsung ke Rekening RS atas nama Ragamsehat

Agung Cahyanto 10 Jun 2019

Update 5 - Hari ke 13 kondisi de Vania

Assalamu'alaikum,

Hallo #OrangBaik, Om, Tante, Opah, dan Omah.

Di saat suasana Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Kami sekeluarga mengucapkan, Taqobbalallahu  Minna Waminkum. Mohon maaf lahir dan batin.

Berita terbaru de Vania dalam perawatan sengaja baru ditulis pada hari ini, karena memang ingin dijadikan suatu rangkaian berita dalam beberapa hari yang lalu. Selain itu juga kami tidak ingin mengganggu suasana hangat lebaran #OrangBaik, Om, Tante, Opah, dan Omah.

Alhamdulillah, kondisi kesehatan de Vania makin membaik sejak lepas alat pada 4 Juni. Kabar yang menggembirakan bunda dan ayah yakni pada 5 Juni de Vania sudah mulai turun tingkat perawatan menjadi perawatan perina (satu tingkat dibawah nicu). 

Pada 8 Juni sudah mulai lepas infus. Obat antibiotiknya pun sudah mulai dihentikan karena rasio infeksi yang sudah membaik. Hal tersebut karena respon de Vania sudah makin membaik setelah mendapat penanganan medis yang cepat dan tepat sehingga de Vania berhasil selamat melewati dua kali masa kritis. 

Atas izin Allah kondisi de Vania semakin hari semakin baik. Hal tersebut juga tidak terlepas karena doa dan dukungan dari lembaga tempat ayah bekerja serta para pihak #OrangBaik seperti Om, Tante, Opah, dan Omah disini semua yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu

Ucapan terima kasih dan syukur juga terus kami sampaikan sehingga atas Izin Allah serta doa/uluran tangan para #OrangBaik, de Vania dapat selamat dan kembali sehat.

d9b22ed6-40fa-4d6b-a59d-c6d809f14715.jpg

Kami sebagai orang tua tidak henti-hentinya bersyukur karena kondisi kesehatan de Vania yang semakin membaik. Kami juga terus mendokan agar kebaikan para donatur dibalas dengan pahala dan kebaikan yang berlipat-lipat

Kami juga selalu berdoa setiap saat untuk kesehatan de Vania agar Allah senantiasa memberikan Rahmat dan keselamatan.

2fc61be6-5d7c-4112-8f2f-eb5312af708a.jpg

Rasa kebahagiaan dan haru kami bertambah ketika de Vania sudah bisa kembali ke pelukan bunda dan ayah. Saat yang dinanti-nantikan selama ini yakni dapat segera memeluk dan menggendong buah hati kami. Alhamdulillah pada 8 Juni Bunda sudah memberi de Vania Asi secara langsung. Ayah juga sudah menggendong de Vania lagi.

69889e83-09a5-4ea1-b5a0-f981824fb20b.jpg

Sampai saat ini juga bunda dan ayah mendapat energi semangat dari sahabat dan #OrangBaik disini yang terus memberikan dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung.

bc12a3cb-8376-44b2-9b3b-76e691fa7461.jpg

Di tanggal 9 Juni ini kami mendapatkan kabar baik bahwa direncanakan de Vania pada hari Senin, 10 Juni sudah bisa rawat jalan. Semoga saat rawat jalan kondisi de Vania semakin sehat. Mohon doanya dari #OrangBaik semua.

Kami juga terus berkordinasi dengan tim kitabisa yang juga sudah bermitra dan menjalin komunikasi langsung dengan pihak rumah sakit untuk melaksanakan hal-hal yang diperlukan. 

Demikian kabar de Vania sampai hari ini. Kami akan menginformasikan lebih lanjut baik kondisi de Vania maupun hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan dana yang sudah diamanahkan oleh para donatur untuk kesembuhan de Vania. 

Wassalamualaikum.





Agung Cahyanto 4 Jun 2019

Update 4 - Hari ke 8 de Vania di Nicu

Assalamu'alaikum,

Hallo #OrangBaik. Om, Tante, Opah, dan Omah.

Alhamdulillahi robbil 'alamin. 

Aku, bunda, dan ayah sangat bersyukur dari serangkaian pemeriksaan dan perawatan medis sejauh ini, kondisi kesehatan ku sudah mulai berangsur membaik. Alhamdulillah CPAP dan WSD ku sudah mulai dilepas. Menunggu respon tubuhku tanpa alat dalam beberapa hari kedepan. 

Senangnya melihat bunda bisa tersenyum lebar melihatku tanpa alat yang sudah 7 hari aku pakai alat di ruang Nicu.

ee23ca45-22e7-4983-8c73-ca37820a7791.jpg

Semua ini berkat doa dan bantuan dari #OrangBaik seperti Om, Tante, Opah, dan Omah. Kami sekeluarga merasa sangat bersyukur dan terbantu dengan dukungan yang diberikan oleh semua. Semoga Tuhan membalasnya dengan pahala dan kebaikan yang berlupat-lipat.

Aku, bunda, dan ayah sudah sangat ikhlas merayakan hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H di ruang Nicu, yang terpenting kondisi kesehatan ku sudah mulai membaik. Semoga seterusnya tidak ada hasil pemeriksaan yang mengejutkan lagi buat aku. 

Ayah bunda ku juga mendapat dukungan dari teman-temannya yang menjenguk. Terima kasih bagi #OrangBaik, Om, Tante, Opah, dan Omah yang telah mendukung menguatkan aku, ayah, dan bunda baik langsung maupun tidak langsung. 

5d205732-5896-4499-a4cf-03e10cb9f7bc.jpg

Dukungan dari #OrangBaik teman-teman ayah bunda sangat menguatkan kami. 

04199c5e-2957-4558-991f-de9dd0d11568.jpg

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijrah bagi yang merayakan. 

Taqoballahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin. 

Mohon doanya terus untuk kesembuhan de Vania

Wassalamu'alaikum. 


Agung Cahyanto 2 Jun 2019

Update 3 - Hari ke 6 de Vania di ruang Nicu

Assalamu'alaikum, 

Berita De Vania

Hallo #OrangBaik Om, Tante, Opah, dan Omah. 

Alhamdulillah pasca bedah pneumothorax ritme napas ku (de Vania) mulai membaik. Sebelumnya mencapai 90, sekarang sudah mencapai 60-65, normalnya ritme nafas bayi sekitar 40. Ini semua berkat doa dan dukungan #OrangBaik seperti Om, Tante, Opah, dan Omah. 

cc1a6b19-447f-441f-8b5c-5461954f5ece.jpg

Hari ini Dokter memberikan penjelasan lengkap mengenai diagnosis penyakit aku, sejak pertama kali aku masuk nicu di diagnosis Sepsis dan NRDS, lalu pneumothorax, kolestasis (gangguan empedu), meteorismus (perut kembung), Meconium Aspiration Syndrome (MAS) atau sindroma bayi yang mengalami kesulitan bernapas sesaat setelah lahir, serta diare akut disentri. 

38f1774b-f112-4da2-8d08-0f0602b0ef67.jpg

Menurut informasi dokter perawatan dan pengobatanku di nicu masih harus berjalan dalam satu minggu kedepan.

Sehari setelah aku lahir, ayahku langsung mengurus berkas untuk mendaftarkan aku BPJS, agar aku bisa dirujuk ke RS yang bisa menerima BPJS. Namun sehari setelah lahir tindakan medis harus segera/mendesak dan tidak bisa ditunda akhirnya harus langsung masuk perawatan nicu.

Setelah tiga hari aku lahir, ayah ku lanjut mengurus kartu BPJS, alhamdulillah BPJS ku sudah langsung aktif. 

00ea03c5-59ec-4d64-be29-df831825b2f1.jpg

Namun aku kurang beruntung belum mendapat RS rujukan yang bisa BPJS. Informasi dari perawatnya bahwa rumah sakit yang dihubungi mengatakan penuh. 

Ayahku sambil cari-cari informasi rumah sakit yang bisa menerima BPJS, namun konsentrasinya buyar karena aku harus segera dilakukan tindakan bedah pneumothorax, karena jika ditunda dapat mengancam keselamatanku. Akhirnya diputuskan bahwa aku langsung dibedah. Alhamdulillah bedahnya saat itu berjalan lancar dan aku memakai alat baru namanya WSD (Water Seal Drainage) yakni suatu tindakan pemasangan kateter pada rongga thoraks, rongga pleura, mediastinum dengan tujuan untuk mengeluarkan udara atau cairan dari rongga tersebut. Karena sedang memakai alat tersebut, menurut informasi petugas medis berisiko jika aku dipindah angkat untuk transfer ke RS rujukan BPJS. Akhirnya terpaksa untuk berlanjut dulu di sini sampai menunggu kondisiku aman. 

Di saat-saat kondisiku seperti ini, Alhamdulillah Aku, Ayah, dan Bunda terus mendapat dukungan dari #OrangBaik seperti Om, Tante, Opah, dan Omah. Siang tadi aku diintip di ruang Nicu oleh Om dan Tante Komunitas Yoga Depok (KYD). Aku, ayah, dan bunda menjadi semakin kuat menghadapi kondisi seperti ini. Semua sudah garis hidup yang harus kami jalani dengan sabar dan ikhlas. 

cd1c7098-56b9-4844-81d9-596a620cae6b.jpg737b96ae-323d-4c9f-992d-071d18d415f2.jpg

Terima kasih kepada #OrangBaik Om dan Tante KYD, beruntung sekali memiliki sahabat seperti Om dan Tante yang baik. 

Terima kasih juga kepada teman-teman Mapala UI.

ef245646-71dd-4b78-9b58-3e99e1ad64a2.jpg

Terima kasih juga rekan Human Initiative.

e9a0e0a2-8c3e-4439-b52c-b67787304305.jpg

Kami sebagai orang tua Vania juga mengucapkan terima kasih kepada #OrangBaik seperti keluarga dan saudara-saudara, teman-teman Mapala UI, Komunitas Yoga Depok (KYD), Bunda & Panda di Komunitas Magnet Rezeki (KMR), Nusantara Menggendong (Jabodetabek Mengendong), rekan-rekan Human Initiative, Ikhwan fillah di Kelas Quran Karyawan&Wiraswasta Al Ihsan PTM-VJS, Teman-teman dan dosen Kessos UI, JIP UI, AHHE, Guru dan Wali Murid Iqro dan Al Jannah, rekan UNJ, PGN dan teman-teman semua yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu. Donasi, doa, dan dukungan yang masuk sudah sangat bermanfaat serta membantu kami. 

Kami hanya bisa mendoakan semoga Tuhan membalasnya dengan pahala dan kebaikan yang berlipat-lipat.

Wassalamualaikum.

Agung Cahyanto 1 Jun 2019

Update 2 - Hari ke 5 De Vania

Assalamu'alaikum

Hallo #OrangBaik Om, Tante, Opah, dan Omah.

Alhamdulilah pasca bedah thorax kemarin, kondisi aku (De Vania) masih stabil, dan hasil pemeriksaan kondisi paru-paru aman. 

Senang sekali bunda sudah mulai kuat lagi melihat aku, tadi bunda panggil-panggil tapi belum bisa peluk aku. 

a680fc45-f084-4bde-beb0-5b449d6471b7.jpg

Aku sempat melirik tadi saat bunda panggil-panggil namaku. 

04b65e1b-f177-405b-82ea-be56769e34e2.jpg

Hari ini peru Vania masih kembung namun sudah mulai menurun 1 cm dari sebelumnya 40 cm menjadi 39 cm. Namun masih diobservasi penyebabnya.

Sejak aku masuk Nicu aku sudah memiliki billing rekening di rumah sakit selama 4 hari mencapai 28 juta.

b65d3803-a4a6-4f68-9044-10df2cfc3787.jpg


Aku masih belum tahu kapan bisa ke rumah bersama pelukan bunda.

Terima kasih #OrangBaik Om, Tante, Opah, dan Omah atas doa dan dukungan. 


Agung Cahyanto 31 May 2019

Update 1 - Hari ke 4 De Vania di Ruang Nicu

Assalamu'alaikum,

Hallo #OrangBaik Om, Tante, Opah, dan Omah

Hari ke 4 diruang Nicu

Alhamdulillah aku masih bisa berjuang dan semangat. Dokter ku bilang kalo kondisiku lumayan bisa bertahan dengan baik. 

Hari ini adalah hari yang sangat spesial buat aku, karena aku sudah banyak mendapat doa dan dukungan. Berkat bantuan #OrangBaik Om, Tante, Opah, dan Omah saya bisa mendapat tindakan bedah untuk pemasangan selang Tube di dadaku yang berfungsi mengeluarkan udara yang terjebak di paru-paru ku.

9a8d0e6d-0561-459e-8dab-2f153debbe36.jpg

Aku juga mendapat nikmat perutku kembung. Namun kata dokter masih diobservasi penyebab dan penanganannya. Semoga ini bukan masalah serius buat aku. 

Aku yakin berkat doa dan dukungan #OrangBaik seperti Om, Tante, Opah, dan Omah aku bisa cepat merasakan pelukan bunda.

Hari ini special karena hari dimana aku dievaluasi dan akhirnya membutuhkan banyak tindakan. Semoga hari-hari berikutnya selang tube aku sudah bisa dilepas. 

Sebelumnya aku mengira hari ini sudah mendapat kepastian kapan bisa ke rumah sama bunda. Namun malah masih belum bisa dipastikan kapan bisa ke rumah sama bunda.

Aku masih tetap semangat lho, Ayah dan Bunda juga belajar sabar dan ikhlas, karena Allah bersama orang-orang yang sabar. Dan Allah lah yang memelihara langit dan bumi, serta yang ada diantara keduanya. 

Disini Ayah dan Bundaku yakin kalo Allah selalu mememelihara ku. Jadi aku tenang-tenang ajah.

Aku sekarang masih bersahabat dengan alat-alat lama yang sudah menjadi "kawan" aku. Bahkan hari ini aku mendapat "kawan" alat baru.

6c42a386-779b-41a7-b542-a12399945c47.jpg

Sekian dulu cerita hari ini, semoga aku bisa cepat kembali ke pelukan bunda. Seperti yang dirasakan oleh bayi Om dan Tante, serta Cucunya Opah dan Omah. 

Sekali lagi aku mengucapkan terima kasih kepada #OrangBaik seperti Om, Tante, Opah, Omah. 

Aku, Ayah, dan Bunda hanya bisa mendoakan semoga Tuhan membalas segala doa dan dukungan Om, Tante, Opah, dan Omah dengan kebaikan serta pahala yang berlipat-lipat. Aamiin.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?