Kitabisa! - Banda Neira Punya Cerita

Banda Neira Punya Cerita

Banda Neira Punya Cerita
Bantu kami merealisasikannya. Bantu kami mengembangkan senyum di Banda Neira. Bantu kami mengatakan pada dunia, Banda Neira Bercerita.

Rp 11.152.792

terkumpul dari Rp 35.000.000
32% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 17 Nov 2016 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

Di penghunjung tahun ini kami akan meninggalkan tanah pijakan kami sejenak. Empat puluh lima hari lamanya kami akan berada di Kepulauan Banda, tepatnya Negeri Administrasi Boiyouw dan Wailing Spanciby. Duduk berdampingan dan berbagi harapan serta pengalaman di bangku kuliah bersama masyarakat Banda. Karena kami percaya, pengabdian adalah sebuah panggilan jiwa bukan keterpaksaan. Ia ada layaknya cinta yang tumbuh karena telah terbiasa, mengetuk hati manusia dan menumbuhkan keikhlasan pada jiwa-jiwa yang peduli. Ya, seperti itulah sebuah pengabdian. Itulah yang telah menyatukan kami, 20 mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dari berbagai latar belakang berbeda untuk terjun langsung dan mengabdi pada masyarakat. Karena kami sadar, sejauh apapun kami pergi, sepanjang apapun gelar yang menyertai nama kami, apapun status kami saat ini pada akhirnya kami lah individu-individu yang akan bersinergi memajukan negeri ini.

35eb412084cf0d4b21526205fe6658cab5bd05a4

Kami jatuh cinta dengan sangat sederhana; tentang cerita-cerita sejarahnya, kekayaan bahari yang melimpah, tawa anak-anak sekolah, atau deru ombak selepas senja.Banda Neira, sebutannya. Tak banyak yang tahu apa itu Banda Neira atau dimana letaknya. Banda Neira adalah pulau dalam gugusan Kepulauan Banda yang termasuk dalam wilayah Maluku Tengah. Sebuah pulau yang memukau untuk digali lebih dalam mengingat disanalah gerbang pertama kolonial memasuki wilayah nusantara untuk pertama kalinya. Pulau dalam satu gugusan dengan tempat dimana dulu Hatta dan Sjahrir diasingkan. Ia adalah sebuah mesin waktu pengingat perjuangan bangsa lengkap dengan peninggalan-peninggalan sejarahnya. Di tanahnya terhampar barisan pohon pala yang menjadi detak jantung perekonomian masyarakatnya. Tidak hanya itu, Banda Neira juga merupakan potongan surga dunia dengan berbagai keragaman hayati dan pariwisata bahari. Layaknya pulau-pulau di timur Indonesia, Banda Neira bak permata yang belum diasah. Terlalu banyak tanah yang belum dijelajahi, pengunungan yang menjulang tinggi, maupun laut yang teramat luas untuk diarungi.

da4c2dd0a6ca4372cb783ca79b93d395ec468553

Pengusulan pemerintah Maluku atas Kepulauan Banda sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan destinasi pariwisata nasional rupanya belum disambut dengan cukup baik. Pemerintah pusat menganggap Kepulauan Banda masih belum layak untuk dijadikan sebagai KEK karena perkembangannya yang masih tertinggal. Meski tampak di pelupuk mata akan potensi Kepulauan Banda, namun hal-hal essensial seperti infrastruktur dan konservasi lingkungan di Kepulauan Banda masih banyak yang perlu dibenahi. Atas dasar itulah kami menyadari bahwa turun tangan pada hal-hal yang sederhana seperti konservasi lingkungan, pengelolaan sampah,dan pengenalan pariwisata Banda merupakan satu langkah positif untuk membantu penyelesaian permasalahan Banda.

4b220db138c4c2cf8e97f1c56fd5c2ecd92187bd

Data BPS Maluku Tengah tahun 2013 menunjukkan kenaikan jumlah penduduk Banda sebanyak 24,7% dari tahun sebelumnya dari 19.246 jiwa menjadi 24.013 jiwa. Peningkatan jumlah penduduk yang pesat ini secara otomatis meningkatkan kebutuhan akan lahan pemukiman dan industri. Ironisnya, perluasan wilayah pemukiman dan industri dilakukan dengan mengkonversikan lahan-lahan produktif yang merupakan aset berharga untuk keberlangsungan kehidupan mendatangberkaitan dengan persediaan air tanah. Padahal, air tanah ini merupakan sumber utama air tawar yang dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.Kepala Pusat Lingkungan Geologi Badan Geologi, Danaryanto, menyatakan bahwa penggunaan air tanah meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dan perkembangan industri. Faktanya, jumlah air yang dapat dikonsumsi makhluk hidup hanya kurang dari 1% total air di bumi dan sisanya sebanyak 99% lebih merupakan air asin dan beku. Sedangkan potensi penyimpanan air semakin berkurang akibat kerusakanlingkungan yang terus terjadi karena kelalaian masyarakat. Data Pusat Lingkungan Geologi menunjukkan, dalam 20 tahun terakhir penurunan permukaan air tanah mencapai 80 meter. Variasi penurunan per tahun adalah 0,01-6,26 meter. Maka konsekuensi terburuk yang akan terjadi adalah krisis air apabila kondisi seperti ini tidak segera ditangani.

a82db4bf72a0cafdbe5cfd0fed279834f5df4dd7

Belum terlambat bagi Banda untuk membenahi permasalahan lingkungan yang terkait dengan ketersediaan air tanah. Penerapan konsep ekodrainase merupakan salah satu solusi yang diusulkan untuk mengatasi permasalahan stok air tanah yang semakin menipis. Ekodrainase atau yang disebut sebagai drainase ramah lingkungan merupakan system pengelolaan air dengan cara meresapkan air sebanyak-banyaknya ke dalam tanah sebelum dialirkan ke sungai. Ekodrainase sendiri mempunyai beragam metode yang bisa diterapkan sesuai kondisi tempat namun yang sudah banyak digunakan dan di temui di Indonesia adalah sumur resapan dan biopori. Kedua metode ini sering diterapkan karena relatif lebih mudah dalam pembuatannya dan tidak terlalu memakan biaya bila dibandingkan dengan metode lainnya.

Tanpa kita sadari, permasalahan lingkungan di Banda terbilang cukup kompleks. Sehingga kami dari tim KKN Banda Neira UNS periode ke 3 berencana mengusung Program Kerja (proker) utama berupa konservasi lingkungan sebagai salah satu upaya pencegahan krisis air dan memaksimalkan pengelolaan sampah. Donasi yang terkumpul nantinya akan kami realisasikandalam bentuk program pengabdian masyarakat di Kepulauan Banda. Tidak hanya di sektor lingkungan, kami juga akan turun tangan di bidang pariwisata, pertanian, dan pendidikan dengan harapan terciptanya kesejahteraan masyarakat Banda yang lebih baik.

fa1be93f44262f077fcfa8bfea8aadd44aaf3f09

Program kerja utama yang akan kami realisasikan meliputi

LINGKUNGAN

  • Pengadaan sumur resapan dan biopori sebagai salah satu upaya untuk mencegah intrusi air laut dalam aquifer di Pulau Banda dan meningkatkan kualitas air tanahnya.
  • Pengelolaan dan pemanfaatan sampah dengan cara pembuatan keranjang takakura dan briket arang
  • Pengadaan peralatan kebersihan berupa tong sampah organik dan non-organik untuk membudayakan pemilihan sampah dan mendukung terciptanya Pulau Banda yang bersih & minim sampah

86d6cf8dfc16cacea0d759708954b4f3c56a95cf

PARIWSATA

  • Pembuatan portal online dengan tema “Banda Neira Goes World Wide” yang akan berfungsi sebagai rujukan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Banda Neira terutama pariwisata.
  • Digelarnya “Festival Panen Pala” sebagai salah satu kegiatan untuk menarik turis lokal maupun mancanegara atas Banda Neira selain sebagai hiburan bagi masyarakatnya. Festival ini akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, pentas seni, bazaar, dan spice tour.

28450cf04014b2075635a929fee95f9a5056aaf8

Di bidang pertanian kami akan mensosialisasikan penanaman sayur hidroponik yang cocok untuk rumah tangga sehingga konsumsi sayuran pada masyarakat Banda dapat ditingkatkan. Sedangkan di bidang pendidikan kami akan mengadakan berbagai sosialisasi dengan sasaran mulai tingkat SD hingga SMA yang meliputi sosialisasi generasi sadar dan peduli lingkungan, sosialisasi hidup sehat dan menjaga kesehatan diri, dan sosialisasi program studi perguruan tinggi sekaligus kesempatan mendapatkan beasiswa. Selain itu, kami juga akan menggelar posko belajar sore dan pengadaan buku untuk taman baca yang ada disana.

a7300c676dda472c2aaf18af50d4a871fc1524d8

Bantu kami merealisasikannya.

Bantu kami mengembangkan senyum di Banda Neira.

Bantu kami mengatakan pada dunia, Banda Neira Bercerita.

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

(HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni)

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 48

SHOW MORE
SHOW MORE
atika sugiyanto 5 May 2017

Update 2 - Banda Neira Tersenyum karena Anda

Yth. Donatur Banda Neira Punya Cerita

Tiada kata lain yang mampu kami sampaikan kecuali maaf dan terima kasih. maaf atas keterlambatan kami dalam meng-update campaign ini. terima kasih atas kerelaan dan keikhlasan Anda dalam memberikan donasi guna kelancaran pelaksaan program-program pengabdian kami selama KKN.

berikut kami akan sampaikan program-program yang telah kami laksanakan selama 45 hari hidup dan berbaur dengan masyarakat di sebuah pulau kecil di Indonesia bagian Timur.

LINGKUNGANc104a4af49f1677090b63f56dc56b7c7c6c782b8
Pada program kerja lingkungan ini terdapat dua kegiatan utama yaitu sosialisasi dan pembuatan biopori serta sosialisasi dan pembuatan briket arang. sosialisasi biopori dilaksanakan di desa dan sekolah (SMP-SMA). tindak lanjut dari sosialisasi ini adalah pembuatan lubang biopori di beberapa titik sekolah serta rumah-rumah warga yang menghendaki untuk dibuatkan lubang biopori. pembuatan biopori ini selain untuk menanggulagi permasalahan sampah, dalam jangka panjang diharapkan dapat mencegah banjir, menambah ketersediaan air tanah dan mencegah terjadinya intrusi air laut mengingat Banda merupakan pulaiukecil yang mul;ai padat penduduk.a750837a96f59e62ae663e07e286b808ed54d2fb

selanjutnya adalah sosialisasi briket arang. sasaran utama dari sosialisasi ini adalah warga. briket arang ini diharapkan mampu menanggulangi permasalahan sampah daun kering dan menjadi bahan bakar alternatif untuk warga Banda khususnya.

dd465445bea90789bb0664a6c52b419797556a39

PERTANIAN
sosialisasi dan praktek pembuatan pupuk organik cair dari berbagai macam limbah rumah tangga diharapkan mampu mengatasi masalah sampah dapur terutama sekaligus ketersediaan bahan pendukung kegiatan pertanian mengingat minimnya produk-produk penunjang kegiatan pertanian dan tidak adanya toko SAPRODI PERTANIAN, pun di kota kecamatan, Neira.

e395ae1e6aec10599585ff18c38ea126b02ae9eb

sosialisasi hidroponik dan vertikultur tanaman sayur daun sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas gizi masyarakat mengingat harga sayuran daun di Banda bisa mencapai 7x lipat harga di Jawa sekaligus mengenalkan sistem pertanaman yang tidak memerlukan lahan luas dan aman dari gangguan babi hutan. pada akhir sesi sosialisasi ini juga dibagikan benih-benih sayur daun kepada masyarakat yang hadir secara cuma-cuma.

896f8d1a83fe52b6fc218664bc259ed53ef44972

pengenalan vertikultur dan praktik pembuatan vertikultur di SD dan SMP sebagai salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap pertanian.ecedad49d6f39818ad01a49affe4043851b97781

PENDIDIKAN

colege calling menjadi salah satu upaya untuk menarik para siswa kelas XII supaya mau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

9f7bc65ed8b99b75a61a223136e2575d1c8fcff9

mendidik generasi penerus menjadi pribadi yang cinta akan lingkungan sekitarnya melalui program Greeneration

3eeb67ee3dae2577656dfb797d68b00ebba21be8

'mengajarkan perikalu hidup bersih sejak dini kepada siswa SD melalui program Yuk Hidup Sehat

ce8c217ee580d739db7ddb9fa9c30a10dadeb609

mengajarkan bahwa berani bermimpi itu bai dan melalui program Mimpi Anak Pulau ini kami mencoba memotivasi dan mengajak siswa SMP untuk berani bermimpi tentang masa depan yang gemilang

382f3cbce40aaceb09e3e2524bf7d4b5f7de7f2c

dan semua program tersebut di atas dapat terlakasana dengan baik atas donasi dari Anda. terima kasih telah membantu kami mengukir senyum di Banda Neira. hanya doa tulus yang dapat kami panjatkan untuk membalas kebaikan hati Anda. semoga senantiasa dilancarkan rezekinya dan selalu menjadi orang baik yang senantiasa bersyukur. Aamiin.

atika sugiyanto 22 Jan 2017

Update 1 - Campaign Sukses

Halo Para Donatur,

Terima kasih sudah berdonasi di campaign Banda Neira Punya Cerita!

Anda mendapatkan email ini karena penggalangan dana telah ditutup. Total donasi yang terkumpul sejumlah Rp 8.152.792 dari 47 donatur.

Tunggu update berikutnya dari atika sugiyanto terkait penggunaan dana.

Terima kasih!

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?