Kitabisa! - Dari Indonesia untuk Donggala & Palu

Dari Indonesia untuk Donggala & Palu

Dari Indonesia untuk Donggala & Palu
Sudah saatnya kita menjadi #orangbaik dan tegas membantu saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah! Mari BerDonasi Sekarang!

Rp 141.354.225

terkumpul dari Rp 150.000.000
94% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 28 Sep 2018 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

Assalamualaikum teman2 tercinta.

Perkenalkan, saya Pandu Prasetyo, bekerja di kitabisa.com sebagai Trust and Safety Manager. Setiap harinya saya melihat campaign bantuan yang telah di inisiasi oleh organisasi besar maupun personal, untuk bisa membantu keluarga, teman, atau siapapun yang hendak mereka tolong.

Kita tahu baru saja terjadi gempa berkekuatan 7,7 SR, 27KM Timur Laut Donggala pada tanggal 28 September 2018 yang mengguncang daerah Donggala, Palu dan sekitarnya, hingga mengakibatkan adanya TSUNAMI yang menimpa banyak saudara - saudara kita disana. Yang terlihat dari video2 yang telah beredar, kondisi bangunan sudah banyak hancur.

Gempa susulan dikhawatirkan masih akan terjadi didaerah sekitar. Hingga saat ini media masih menginformasikan bahwa penduduk diharapkan untuk meninggalkan hunian mereka. 

45cb96f1-4976-41aa-9b1a-9f1ac9f45073.jpg60b51113-308a-4153-ae40-7f11b7bae439.jpg

*sumber: Liputan6, BMKG, Tribunnews.

Pada kesempatan kali ini, saya akhirnya inisiatif untuk memulai campaign/ galang dana sendiri untuk dapat membantu LANGSUNG para korban di Palu, Sulawesi Tengah.

Semua ini terpicu karena adanya keluarga dan sahabat saya sendiri di Palu pada saat terjadi gempa dan tsunami pada tanggal 28 September 2018. Saat itu semua sahabat dan keluarga di Palu tidak ada satupun yang dapat dihubungi, hingga akhirnya 2 hari kemudian mereka mulai memberi kabar bahwa mereka dalam keadaan sehat dan baik baik saja.

Sahabat saya menceritakan bahwa KONDISI DI PALU SAAT INI SANGAT TIDAK KONDUSIF. Banyak terjadi penjarahan, akses kendaraan susah, akses telekomunikasi masih terbatas dan langkanya persediaan barang untuk kehidupan sehari - hari. Posko2 sudah dibangun di sekitar tempat tinggal mereka. Saya terus menjaga komunikasi dengan keluarga dan para sahabat disana untuk mendapatkan informasi terbaru.

Sahabat saya sendiri bernama Amri, kebetulan baru saja dikaruniai seorang anak yang umurnya belum sampai 4 bulan. Ia mengaku bahwa sangat sulit pula untuk dia pribadi mendapatkan bahan2 pokok harian. Kebetulan saya sudah mulai bisa berkomunikasi dengan dia dan dia menceritakan betapa sulitnya mencari kebutuhan balita.

66e6e500-9f4d-4f47-ad4f-195bf25e72d1.jpg

*Pengungsian sementara sahabat saya di Jl. Maleo

Untuk mendapatkan barang, paling tidak dia harus mulai masuk ke posko2 dan menunggu bantuan, sedangkan didaerah komplek rumahnya, orang2 sudah mulai pergi mengungsi ke Makassar dan Manado. Pergerakan pun sulit dilakukan karena dia terkendala dengan bahan bakar yang sudah tidak dimiliki lagi. Dia menceritakan bahwa stock yang semakin menipis tidak mungkin bisa membuat kebutuhan anaknya bertahan, karena sebelumnya dia memang tidak menyiapkan susu, pampers, popok yang lebih dirumahnya.

Banyaknya kabar tersebar mengenai penjarahan dan kriminalitas membuat sahabat saya semakin ragu dan takut untuk keluar tanpa kendaraan seorang diri dan meninggalkan istri anaknya dirumah. Saya merasa sangat sedih, karena kita tahu bahwa balita sangat rentan terserang penyakit, sedangkan kondisi saat ini di Palu benar2 tidak baik untuk balita. Setidaknya mereka harus mendapat fasilitas yang memadai, makanan dan air bersih, dan pakaian yang steril. Terkadang dia pun merasa sedih mengingat kondisinya sekarang dan melihat anaknya menangis.

Sejauh informasi yang saya terima, mereka sekarang masih pasrah dan berharap mendapatkan saluran bantuan dari teman2 terdekatnya untuk bisa menutupi kebutuhan hariannya. Saya sangat khawatir, perasaannya yang baru saja menjadi seorang ayah kemudian tidak disangka – sangka harus menghadapi cobaan yang berat untuk keluarganya.

Saya pribadi tidak sanggup membayangkan perasaan banyak keluarga disana. Saya yakin di Palu sana pasti banyak yang memiliki kisah serupa, bahkan mungkin ada yang lebih sulit. Ini sangat memicu saya untuk bergerak cepat mencari dana dari Jakarta dan bisa secara langsung membantu teman dan warga2 setempat yang memerlukan bantuan, khususnya balita.

Penggalangan dana ini murni bertujuan untuk membantu siapapun di Sulawesi Tengah, dengan cara memberikan bantuan langsung, menyalurkan dana ke Yayasan/ Organisasi yang bergerak untuk memberikan bantuan di Sulawesi Tengah. 

Dengan sangat rendah hati, mengingat adanya keluarga dan teman saya pribadi, maupun keluarga dan rekan dari teman-teman sekalian, saya ingin mengajak teman2 semua menggalang dana untuk memberikan bantuan kepada saudara/ kerabat kita di Sulawesi Tengah.

Berikut cara untuk berdonasi:

  1. Klik tombol DONASI SEKARANG
  2. Masukan nominal donasi
  3. Pilih Metode Pembayaran, lalu lanjut
  4. Transfer ke nomor rekening yang tertera

Disclaimer:

1. Campaign ini bersifat independen (perseorangan), tidak berada di bawah naungan organisasi/lembaga mana pun.

2. Dana yang terkumpul akan disalurkan secara langsung di shelter2 yang berada didaerah Palu dan sekitarnya.

3. BIAYA TRANSPORTASI DAN AKOMODASI AKAN DITANGGUNG OLEH PENGGALANG DANA TANPA MENGAMBIL UANG DONASI

4. Info lebih lanjut silahkan kontak saya pribadi

Pandu Prasetyo 

Tlp dan SMS: +6281280210801

Terimakasih atas segala partisipasi dan doa untuk para korban. Semoga para korban lekas sembuh baik secara fisik maupun psikis, para pengungsi kemudian dapat menjalani hari dengan tabah hingga kondisi kembali normal & kondusif, serta bangunan yang mengalami kerusakan segera memperoleh perbaikan sesuai mestinya. Aamiin allahuma aamiin.

Salam #orangbaik

Pandu Prasetyo

DONASIKAN KEBAIKANMU SEKARANG!

--------------------------------------------------------------------------------------

Hello Everyone.

I am Pandu Prasetyo, worked in kitabisa.com as Trust and Safety Manager. I always maintain and monitor every campaign live in our platform, from organization to personal campaign directed to help their relatives, family, or anything they want to help to make it happen. 

We know that there was an earthquake measuring 7.7 magnitude, 27km NorthEast of the Donggala on September 28, 2018, which shook the Donggala region, Palu and surrounding areas, resulting in a TSUNAMI that befell many of our brothers there. As seen from the videos that have been circulating, the condition there have been so devastated.

I took an initiative to start a campaign by myself, be a fundraiser to collect as many donations as I could, then I will distribute the help directly to Palu, Central Sulawesi. All of this was triggered by the presence of my own family and friends in Palu during the earthquake and tsunami on 28 September 2018. At that time none of the friends and family in Palu were contacted, until finally 2 days later they started giving news that they are in good and safe.

My friend told me that THE CONDITION IS TERRIFYING AND UNCONDUCIVE. A lot of thief looting many kinds of stuff left in the Mall or damaged buildings, bad vehicles access, bad telecommunication access and the daily needs kinds of stuff are out of stock. I will keep in contact with my friends and family to get the latest update regarding any information in Palu.
Aftershocks are feared to occur in the surrounding area. Until now, the media still informs that residents are expected to leave their homes.

My very best friend, Amri, have just been blessed with a child who was not up to 4 months old. He admitted that it was very difficult for him personally get the daily needs. I finally able to communicate with him and he told me how difficult it was to find a toddler's needs.

To get any goods/ food, at least he must start entering the posts and wait for help, while in his house area, people have started to flee to Makassar and Manado. It’s made him hard to move because he is constrained by fuel that is no longer owned. He told that he is running out of stock, could not possibly make his children's needs last, because he did not prepare something like milk, pampers, diapers that were more in his house before.

The amount of news spread about looting and crime makes him more hesitant and afraid to leave without a vehicle alone and leave his child and wife at home. I feel very sad because we know that toddlers are very susceptible to disease, while the current condition in Palu is super terrible for toddlers. At least they have get an adequate facility, food and clean water, and sterile clothes. Sometimes he feels sad remembering his condition now and seeing his child crying.

As far as the information I received, they are still resigned and hope to get help channels from their closest friends to be able to cover their daily needs. I was very worried, his feelings that had just become a father and then unexpectedly had to face severe trials for his family.

I personally cannot imagine the feelings of many families there. I am sure that in Palu there must be many who have similar stories, maybe there are even more difficult ones. This really triggered me to move quickly to find funds from Jakarta and can directly help local friends and residents who need help, especially toddlers.
This fundraising is purely aimed to help anyone in Central Sulawesi, by providing direct assistance, channeling funds to the Foundation / Organization that is engaged in providing assistance in Central Sulawesi.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 724

  • Rp. 10.000.415
    tasya farasya
  • Rp. 5.000.000
    Anonim
  • Rp. 3.050.948
    Amriyanto Palulu

    Donasi berasal dari SDN 15 Kota Tangerang untuk membantu saudara2 di Palu yang sedang tertimpa musibah,semoga dapat tersalurkan dengan baik

  • Rp. 3.000.154
    Putri lenggogeni

    Ini donasi bundaku ya :)

  • Rp. 2.000.558
    Anonim

    Bismillahirrahmanirrahim.. Semoga para korban dan keluarga diberi ketabahan dan kekuatan. Serta senantiasa dalam perlindungan Allah.

  • Rp. 2.000.329
    Anonim
  • Rp. 2.000.147
    Ritsu Mina

    Semoga bantuan gue yg ga seberapa ini bisa menolong saudara2 kita di Palu dan Donggala aamiin ya Allah

  • Rp. 1.500.668
    saudagar embe

    Terimakasih telah menjembatani kami untuk menyalurkan sedikit rizki buat saudara di palu. @saudagarembe

  • Rp. 1.249.497
    Kkm04 universitas muhammadiyah cirebon
  • Rp. 1.000.997
    Anonim

    ini untuk yg di Palu. mewakili Almarhum... makasih Pandu akhirnya bs ikut ngebantu. salam buat Amri Palulu ya :)

SHOW MORE
  • Rp. 250.971
    Anonim

    Semoga diberikan sabar seluas samudera dan pandai bersyukur

  • Rp. 100.216
    Anonim

    Titip ya mas, semoga bisa berguna bagi saudara2 di Palu. Semoga mas juga diberkati oleh Tuhan YME kesehatan dan kesejahteraan. Amin..

  • Rp. 35.300
    Anonim
  • Rp. 950.857
    Anonim

    Allah bersamamu palu dan donggala!

  • Rp. 50.000
    Aditya Satwika
  • Rp. 900.965
    Akuntansi Universitas Airlangga Surabaya

    Atas Nama keluarga besar Akuntansi Universitas Airlangga Surabaya

  • Rp. 1.000.997
    Anonim

    ini untuk yg di Palu. mewakili Almarhum... makasih Pandu akhirnya bs ikut ngebantu. salam buat Amri Palulu ya :)

  • Rp. 100.021
    Anonim

    Tolong prioritaskan kebutuhan balita.. Tuhan bersama kita semua

  • Rp. 10.190
    Anonim
  • Rp. 400.000
    Ram Salafia
SHOW MORE
Pandu Prasetyo 27 Nov 2018

Update 9 - Pembangunan Hunian Sementara #2

Dear Donatur,

Apa kabar semua? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat dan baik2 saja.

Saya mau memberikan update terbaru progress pembangunan Hunian Sementara yang sedang dibangun. Saya masih berkomunikasi dengan baik dengan teman saya selaku pengurus pembangunannya. 

Progress saat ini berjalan agak lama dikarenakan masih sulitnya barang bangunan seperti Semen dan Kalsibor yang harganya juga tidak stabil karena langkanya barang, sehingga perhitungan yang sudah diberikan di update sebelumnya sedikit meleset.

Tapi saya dan Obhy rekan saya optimis untuk tetap bisa membangun 10 Hunian Sementara sesuai dengan target pertama. Saya mohon doa dari para donatur agar pembangunan huntara ini bisa berjalan dengan baik dan segera selesai.

Jika ada pertanyaan masalah perkembangan lebih lanjut bisa langsung hubungi saya di kontak yang sudah saya berikan didalam story campaign.

Berikut saya lampirkan kondisi terbaru progress pembangunannya.

73e13b05-fd0d-4d93-826d-0b2c97b57588.jpg0b5d4030-ef72-4136-8104-78a178caedd5.jpgfc3b8bb5-7ac6-4d1a-8312-64272dc209df.jpg61bc24d4-97f8-4123-be17-16d7b3c4255f.jpgffa13ab0-0430-4ad6-b844-c3bf3d80e464.jpgf3228a68-5340-4275-957d-030ed8395da7.jpg

Pandu Prasetyo 27 Nov 2018

Pencairan Dana Rp 3.990.103

Ke rekening BCA *** *** 9553 a/n PANDU PRASETYO

Rencana penggunaan dana: Menyalurkan sisa donasi untuk membeli keperluan huntara, dikarenakan info rekan2 di Palu harga tidak stabil (Semen, kalsibor, dll).

Pandu Prasetyo 8 Nov 2018

Update 7 - Pembangunan Hunian Sementara #1

Assalamualaikum,

Saya ingin memberikan update mengenai perkembangan pembangunan Hunian Sementara di daerah Sigi, Sulawesi Tengah .

Semoga pengerjaan pembangunan Huntara ini bisa berlangsung baik, cepat dan segera bisa ditempatkan Amiin.

e6fa3a67-3f4f-478c-9b2b-5f8429ffe291.jpge84d74fa-00d9-4b62-a0fe-cf42404afa75.jpg8392f6a1-5392-4ce9-9d70-25432a5a78c2.jpg470f9c1a-93ed-40a9-b910-a3d99b0b4d09.jpg45883ed2-2057-462a-bac8-8fd36bba4ee1.jpg5b296679-0507-4272-bd65-faf8558d981d.jpg


Pandu Prasetyo 23 Oct 2018

Update 6 - Penyerahan Donasi 100 Juta Rupiah

Dear Donatur,

Saya telah melakukan penyerahan dana terhadap relawan sekaligus teman saya yang berasal dari Palu, Harri Ramdhani (Obhy) sebesar 100 Juta Rupiah, yang nantinya akan dibangun hunian sementara sesuai dengan RAB yang telah diupdate sebelumnya.

Masih ada dana donasi yang tersisa di saya nantinya akan saya belanjakan sesuai dengan kebutuhan disana. Teman saya yang bernama Harri Ramdhani (Obhy) lah yang akan membantu menginformasikan kebutuhan2 mendesak di Palu. Dana tersisa masih ada 13juta rupiah, sekitar 12juta sudah masuk ke rekening saya.

Berikut saya lampirkan update foto terbaru.

4ad53a14-7d64-4879-ab0f-326da51a86a0.jpg9d1a3e11-e951-4a6b-9256-d0922aa0636d.jpg0a3d756c-8f44-494b-a196-16ce5e9d22c7.jpg54e9be47-09d7-4646-a4fc-94c473173710.jpg04d82d95-b28a-4768-9211-2f6dad632bc2.jpgd214663a-af48-4449-8a78-3e68b172f585.jpg


Pandu Prasetyo 22 Oct 2018

Pencairan Dana Rp 7.032.132

Ke rekening BCA *** *** 9553 a/n PANDU PRASETYO

Rencana penggunaan dana: Untuk membelanjakan makanan ringan yang rencananya dibagikan untuk anak2 di pengungsian. Update menyusul.

Pandu Prasetyo 20 Oct 2018

Update 4 - Foto Distribusi Bantuan

Dear Donatur, 

Kami sudah membelanjakan :

  1. 1,150 kg beras.
  2. 200 kaleng sarden
  3. 200 liter minyak goreng
  4. 200kg gula pasir.
  5. 200 bungkus kopi.
  6. Dan mendapat beberapa bantuan dari teman berupa snack, topi, dan pakaian baru.
  7. Izin pakai biaya operasional bensin 350rb

Rencana alokasi dana 100juta untuk huntara, masih ada sisa 6juta di saldo atm dan cash. 

Mohon izin untuk menarik sisa seluruh dana untuk dibelikan cemilan untuk dibagikan kepada anak2 di pengungsian. Kita akan kasih games2 juga supaya anak2 bisa terhibur.

Terima kasih.

b7f117ad-98de-44af-a2c3-dae28c9ff847.jpg4f519ba5-b432-4028-b4e3-2baf46261e1f.jpgd5567387-009f-43ac-b3a5-e450e6afdf9d.jpg9a758a5e-0ac4-4083-abe7-36aae67253d0.jpg18c1bf3b-dbd8-441a-bfdd-99c1a514267f.jpg
Pandu Prasetyo 16 Oct 2018

Pencairan Dana Rp 130.000.000

Ke rekening BCA *** *** 9553 a/n PANDU PRASETYO

Rencana penggunaan dana: Pencairan dana untuk Hunian Sementara dan membelikan logistik yang diperlukan untuk Huntara. Rincian menyusul

Pandu Prasetyo 15 Oct 2018

Update 2 - Rencana Penggunaan Dana

Dear Generous Donors,


Terima kasih atas kontribusi yang sudah diberikan selama ini untuk membantu korban bencana di Palu.

Kali ini saya ingin menerangkan perencanaan penggunaan dana nanti di Palu. Saya berencana akan berangkat pada hari Rabu, 17 Oktober 2018. Saya dan teman2 relawan dari jakarta berencana untuk membangun Hunian Sementara yang dibantu diawasi oleh teman2 asal Palu di daerah perbatasan Palu dengan Sigi. Perairan dan daerah disana masih dalam kondisi baik, dan tidak terdampak gesekan/ likuifaksi/ kerusakan sehingga kami yakin daerah ini akan bisa ditempati untuk warga yang membutuhkan dalam 1-2 tahun kedepan.

Kami akan membangun Hunian Sementara yang layak, berupa bangunan kokoh dan bukan dari tenda. Berikut saya lampirkan rincian biayanya:

d4c94860-45c2-4519-b3ed-2197b83ea0b3.jpg

Lokasi Pembangunan Hunian Sementara di Perbatasan Palu dan Sigi

Sisa dana akan dibelikan logistik untuk keperluan di Hunian Sementara seperti kompor, wajan, bahan makanan agar para penghuni nantinya bisa menginvestasikan bantuan menjadi suatu modal usaha.

Saya mohon izin kepada seluruh donatur untuk mencairkan seluruh dana yang ada di campaign ini. Update berikutnya akan saya tulis dan saya upload berupa Vlog harian nanti seperti apa kira2 di Palu, kondisinya, progress bantuan, untuk menjaga transparansi dari donatur dan saya pribadi.

Jika masih ada yang ingin menyalurkan donasi, saya masih sangat membuka donasi untuk teman2 karena berapapun nominalnya itu akan terpakai disana.

Terima kasih.

Pandu Prasetyo 3 Oct 2018

Update 1 - Update dari teman2 di Palu.

Dear Donatur yang Budiman,

Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas segala support yang sudah diberikan di campaign ini, yaitu dengan bentuk bantuan donasi maupun membantu menyebarluaskan kebaikan dari campaign ini. Dalam update pertama ini, saya ingin memberitahu mengenai beberapa kondisi disana yang sudah saya dapatkan dari beberapa teman saya yang kebetulan memang berada disana.


Berikut saya jabarkan:

  1. Jl. Maleo (pengungsian tempat sahabat saya)9850ca55-188b-4fe1-883a-c43227fac054.jpgselama beberapa hari pasca terjadinya gempa, sahabat saya sempat tinggal diluar rumah dengan keluarganya.
  2. Jl. Mengarah Mall 771d03a2-8d45-4dad-b4e1-c2c4fe9a836a.jpg79ccacfa-960f-4c13-92aa-6371b16f5436.jpg
  3. Jl. Akses lainnyae6efe50a-5092-4167-9ec4-d2b4431077b8.jpg

Masih banyak lagi gambar yang saya dapatkan mengenai keadaan disana. Hamdulillah, saat ini jaringan sudah membaik sehingga saya sudah bisa berkomunikasi langsung dengan teman2 disana, dan sudah mulai bisa mendata kebutuhan yang paling penting untuk nantinya kita bawa kesana.


Saya berencana untuk pergi ke Palu tanggal 17 Oktober 2018, bersama seorang rekan bernama Bari. 

Saat ini kami masih memerlukan bantuan kalian semua untuk bisa mencapai target donasi sebesar Rp 100 juta. Mohon kebersediaan teman2 untuk bisa menyebarkan kebaikannya dengan membagikan link donasi ini ke teman2 yang lainnya 

kitabisa.com/ayobantupalu

Untuk mendapatkan info lebih lanjut, bisa langsung menghubungi nomer pribadi saya di 081280210801. Saya akan melakukan update secara berkala jika saya mendapat informasi lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada donatur dermawan sekalian.


Salam,

Pandu Prasetyo.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Di bawah ini adalah list fundraiser yang ikut mendukung Dari Indonesia untuk Donggala & Palu :

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?